Apple Face ID
Kita semua tahu bahwa Face ID merupakan resep utama iPhone X, tetapi Samsung berniat mengalahkannya

Tidak banyak yang bisa diharapkan pada smartphone anyar Galaxy S9. Sejumlah rumor ‘kredibel’ semakin menguatkan bahwa ponsel tersebut tidak dirancang untuk berkompetisi dengan iPhone X. Sebaliknya, produk itu terkesan hanya sebagai ‘istirahat’ Samsung selagi mengembangkan fitur baru yang lebih kompetitif.

Meski begitu, bukan berarti raksasa ponsel asal Korea Selatan itu hanya sekedar mengulang apa yang dilakukan Apple pada iPhone X dengan fitur Face ID. Sebuah laporan yang dirilis XDA Developers mengklaim Samsung tengah mengerjakan sensor biometrik canggih yang secara teori, akan lebih baik dari Face ID.

Dijuluki Intelligent Scan, fitur keamanan tersebut menggabungkan pengenal wajah 3D dan iris scanner sekaligus. Saat ini Samsung hanya memiliki sensor pengenal wajah biasa dari kamera. Sementara fitur seperti TrueDepth Camera pada iPhone X disebut-sebut sedang dalam pengembangan.

Iris scanner
Pemindai iris pada Galaxy S8

Menurut sumber tersebut, kombinasi pengenal wajah dan iris dana meningkatkan akurasi dan keamanan baik dalam kondisi pencahayaan terang atau redup. Dalam pencahayaan kurang, kedua sensor akan beroperasi bersama membentuk profil keamanan yang lebih presisi.

Namun jangan terlalu menunggu kehadiran Intelligent Scan dalam waktu dekat. Samsung Galaxy S9 dan Note 9 berpeluang besar hanya menawarkan fitur keamanan yang sama dengan pendahulunya.

Perusahaan tentunya butuh waktu panjang untuk memastikan teknologi ini siap di pasar, serta mampu mengalahkan pesaing terdekat mereka, Apple. Menariknya, Apple juga mendapat gempuran dari Huawei yang beberapa waktu lalu mengklaim memiliki teknologi sejenis yang 10 kali lebih aman.