Samsung Galaxy A8 and A8Plus
Smartphone Samsung terbaru yang siap rilis 2018

Selasa lalu Samsung mengumumkan kehadiran Galaxy A8 dan A8+ yang mengusung sejumlah fitur unggulan dari Galaxy S8. Smartphone Android tersebut tampaknya menjadi bentuk permohonan maaf perusahaan setelah menempatkan sensor sidik jari di tempat yang kurang nyaman. Benar, sensor tersebut kini berada di tengah, di bawah kamera.

Galaxy A8 ditenagai oleh prosesor Octa-Core, RAM 4GB, OS Android 7.1.1, fitur NFC, serta yang selalu jadi andalan, kamera. Kamera belakang beresolusi 16 MP, dengan bukaan F1.7. Sementara di sisi depan kini tersedia sistem kamera ganda, masing-masing 16 MP dan 8 MP.

Samsung sepertinya merancang smartphone ini untuk kebutuhan selfie, terbukti dari banyaknya fitur pendukung seperti stickers, filters, beauty mode, dan live focus.

Samsung Galaxy A8 and A8Plus
Infografis spesifikasi Samsung Galaxy A8 dan A8 Plus

Di samping itu, layar 5,6 inci Super Amoled beresolusi 1080 x 2220 akan menyajikan gambar lebih tajam. Tepian Status Infinity Display juga mendorong tepian agar semakin tipis tanpa mengorbankan ukuran smartphone. Disini terlihat bahwa Samsung tetap mempertahankan tombol virtual, dibanding tombol fisik.

Antara Galaxy A8 dan A8+ tidak banyak perbedaan berarti. Hanya ukuran dan kapasitas baterai yang menjadi pembeda. Di luar dari itu, spesifikasinya tetap sama. Melalui press release Samsung tidak membeberkan banyak detil soal smartphone ini.

Saat ini harga perangkat masih dirahasiakan, namun kemungkinan akan diumumkan pada tahun ini juga. Sementara perilisan dijadwalkan pada 2018, sayangnya tanpa tanggal yang jelas.