Samsung Galaxy S9 Mini
Foto: Samsung Galaxy S8 (credit: Android Authority)

Seperti sudah menjadi tradisi bagi Samsung untuk hanya merilis dua varian dari keluarga smartphone flagship yang dimilikinya. Sejak Galaxy S6, raksasa elektronik asal Korea Selatan berusaha melebarkan dimensi layarnya hingga menyentuh sisi samping smartphone.

Usai Galaxy S8 dirilis, Samsung diisukan tengah mengerjakan Galaxy S9 dan akan muncul di pasaran pada 2018. Meski masih cukup jauh, namun sejumlah rumor sudah mencuat seperti potensi hadirnya fingerprint di bawah layar. Rumor lain yang tak kalah menarik ialah kelahiran kembali versi “mini”.

Hal tersebut diungkap oleh leaker ternama Ice Universe melalui ValueWalk. Selain versi Plus dengan ukuran lebih besar, versi mini bakal hadir dengan Infinity Display pula. Namun jangan diagonalnya dipastikan tidak lebih dari 5 inci.

Jika rumor ini cukup akurat, maka versi mini juga akan ditanamkan hardware yang kurang lebih sama dengan versi lebih besar. Ini mengingatkan kita kembali pada iPhone SE yang disokong performa setara iPhone 6s namun dengan harga yang sedikit lebih terjangkau.

Terlepas dari itu, jangan berharap bahwa Samsung benar-benar akan merilis Galaxy S9 mini, sebab Galaxy S7 dan S8 sebelumnya juga diterpa isu serupa. Benar tidaknya rumor ini akan terjawab menjelang perilisannya tahun depan.