Samsung Galaxy S10 Camera
Galaxy S10 dirumorkan punya tiga kamera belakang untuk saingi iPhone (credit: Kārlis Dambrāns/Flickr)

Meski sebelumnya didera rumor bahwa Galaxy S10 tidak akan menjadi produk yang dirilis Samsung. Kabar terbaru dari sejumlah pihak yang ‘mengaku’ kredibel memastikan bahwa ponsel varian tersebut akan memperpanjang daftar nama keluarga S. Kali ini sumber dari Korea, The Investor menerangkan setidaknya ada fitur andalan baru di luar fungsi fingerprint di bawah layar.

Menurut laporan, Samsung akan membawa Galaxy S10 dengan tiga kamera belakang sembari mengaktifkan sensor 3D. Inovasi ekstrim perlu dilakukan Samsung mengingat Galaxy S9 yang tidak begitu laris dalam penjualan.

“Samsung, yang mana punya permintaan yang lebih rendah dibanding ekspetasi untuk Galaxy S9, akan mempertimbangkan untuk mempersenjatai ponsel premium selanjutnya dengan kamera dan sensor 3D dalam rangka menghidupkan kembali bisnis ponselnya,” ujar Kim Dong-Won, analis dari KB Securities yang merilis laporan tersebut.

Konfigurasi tiga kamera akan memberikan gambar yang lebih tajam dibanding satu atau dua kamera yang saat ini banyak dipakai. Jumlah kamera juga dapat meningkatkan fitur Augmented Reality lebih luas.

Saat ini, produsen ponsel asal China memiliki Huawei P20 Pro yang hadir dengan tiga kamera di sisi belakang. Dipadu kualitas sensor mumpuni serta kecerdasan buatan, ponsel tersebut berhasil mencapai posisi teratas sebagai ponsel dengan kamera terbaik.

Namun rival Samsung tentu saja bukan Huawei, melainkan Apple. Laporan itu juga menyebut bahwa iPhone X Plus yang dirilis tahun depan kemungkinan besar membawa konfigurasi tiga kamera.

Selain itu, istilah “lebih banyak kamera, lebih banyak uang” tampaknya berlaku pada kultur bisnis Samsung. Terbukti di tahun ketika Galaxy Note 8 dengan kamera ganda dirilis, perusahaan sukses meraup profit senilai $285 juta. Padahal market smartphone secara global tengah dalam kondisi lesu.

Sejauh ini belum banyak informasi yang bisa digali soal Galaxy S10 mengingat jadwal rilisnya yang masih satu tahun lagi.