Sony Xperia Hello
Kompetisi smart speaker semakin seru atas kehadiran Sony Xperia Hello

Jika kamu mengikuti perkembangan smart speaker beberapa tahun belakangan, nama seperti Amazon Echo, Google Home, dan Apple HomePod sudah memiliki popularitas di pasaran. Sony Mobile sepertinya tidak mau ketinggalan dengan tren ini. Pihaknya mengumumkan kehadiran speaker pintar bernama Xperia Hello.

Berbeda dari smart speaker biasanya, Xperia Hello menghadirkan fitur mekanis dimana ada bagiannya yang dapat bergerak sebagai salah satu bentuk interaksi. Sony menginginkan perangkat ini dianggap sebagai bagian dari keluarga. Untuk itu ditanamkanlah fitur untuk mengenali profil anggota keluarga.

Sony Xperia Hello
Komputer memproses aktivitas keluarga dan kemudian disimpan ke dalam database

Xperia Hello mampu mengenali suara dan wajah masing-masing penghuni rumah. Setiap perintah yang diberikan kemudian masuk ke dalam database keluarga dan menjadikannya semakin cerdas.

Robot ini memiliki dibekali kamera 13 MP dengan sensor Exmor RS CMOS yang digunakan untuk mengabadikan momen tertentu sekaligus mengenali orang di hadapannya. Sony tidak lupa menyematkan speaker yang hampir mengelilingi tubuh robot supaya suara dapat terdengar dari segala arah.

Di dekat kamera terdapat “mata” dari layar LED untuk berinteraksi dengan orang lain. Xperia Hello merespon dengan ekspresi dan sedikit gerakan kepalanya. Juga speaker untuk output suara robot.

Sony Xperia Hello
Xperia Hello dapat melakukan berbagai hal yang biasanya ada pada asisten digital

Dengan diameter 11 cm, tinggi 22 cm, serta berat sekitar 1,1 kilogram, robot ini dilengkapi layar sentuh bak smartphone beresolusi 1.280×720. Jeroan prosesor 1,8 GHz dan RAM 3 GB menjalankan sistem operasi Android 7.1 sebagai interface utamanya. Selain itu konektivitas seperti Bluetooth, WiFi, dan NFC mempermudah akses bagi pengguna.

Dari fitur yang ditawarkan, Xperia Hello sangat mungkin bersaing dengan nama yang lebih senior. Hanya saja harga smart speaker jauh di atas produk kompetitor yang berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Xperia Hello saat ini diluncurkan di Jepang dengan harga 150.000 yen atau setara Rp 18 juta per unitnya. Jika kamu sedang mencari smart speaker terbaik dan kebetulan rekening bank dalam kondisi sejahtera, Xperia Hello sangat direkomendasikan.

Berikut video hal-hal apa saja yang bisa dilakukan Xperia Hello: