Sadis sekaligus menakjubkan, itulah yang tergambar ketika melihat flashdisk besutan Kingstone yang dipajang pada ajang CES 2016 lalu.

Kingston Data Traveler 2000 merupakan flashdisk dengan pengamanan pin yang membuat data di dalamnya menjadi sangat rahasia dan hanya bisa dibuka oleh orang yang mengetahui passwordnya.
Terdapat alphanumeric keypad pada tubuh flashdisk ini sebagai input pin. Untuk mengakses data di dalamnya, kamu harus memasukan kombinasi password dengan benar dan barulah isinya bisa diakses.
Menariknya, Kingston tampak tidak main-main dengan keamanan dan privasi data pengguna. Flashdisk ini telah ditanamkan sistem ‘self destruction‘ jika salah memasukan kode pin sebanyak 10 kali.
Terkesan kita seperti melihat perwujudan Pen Drive dalam film Mission Impossible. Tetapi ‘self destruction‘ yang dimaksud disini ialah menghapus data flashdisk.
Produk ini dimaksudkan untuk kalangan organisasi, developer IT, UKM, atau usaha rumahan. Flashdisk berbodi alumunium ini memiliki ukuran kapasitas 16GB dan 32GB, sedangkan versi 64GB akan meluncur dalam waktu dekat.
Kingston menyebutkan flahsdisk ini akan mulai dipasarkan pada kuratal 1 tahun 2016. Ketika artikel ini diturunkan, flashdisk sudah bisa dipesan melalui situs resmi Kingston.
Menilik fiturnya yang luar biasa, Data Traveler 2000 juga punya kelemahan dari segi ukuran tubuhnya yang terbilang cukup memakan tempat.