Ten Fold Engineering
Tekan satu tombol, rumah ini akan "membangun" dirinya sendiri

Bagaimana jika kamu tidak perlu membeli tanah, membayar pekerja bangunan, dan opsi untuk memindahkan rumah secara instan? Kabar baiknya, perusahaan dari Inggris tengah menciptakan solusi ini, sebuah hunian instan dengan kemudahan yang tidak pernah ada sebelumnya.

Ten Fold Engineering, sebuah perusahaan yang bertanggungjawab atas proyek pengerjaan rumah lipat. Sebelum mengeluarkan strukturnya, rumah tersebut hanya berukuran setara dengan muatan truk kontainer. Tetapi saat lipatannya dibuka akan tersedia area seluas 213 meter persegi lengkap dengan barang-barang di dalamnya.

Perusahaan menyediakan sebuah ruang khusus dimana pemilik rumah bisa memasukkan furniture serta perlengkapan lain yang mereka butuhkan. Dalam demonstrasinya, Ten Fold Engineering memperlihatkan bagaimana kasur bahkan sofa bisa masuk dalam ruang terbatas tersebut.

Ten Fold Engineering
Ten Fold Engineering memastikan rumah yang mereka buat layak dihuni

Rumah lipat ini sudah memiliki jaringan listrik dan sistem pengolahan air sendiri. Cukup menekan satu tombol, struktur akan terbuka secara otomatis dan membentuk rumah yang utuh hanya dalam 10 menit, tanpa mengerahkan otot. Ketika ingin pindah, rumah bisa dilipat kembali dan lagi-lagi secara otomatis.

Pihaknya mengatakan modul rumah bisa digabung dengan modul lainnya. Dengan demikian pemilik bisa memilih desain yang ia inginkan. Dalam laman resmi Ten Fold Engineering mereka sudah menyediakan sejumlah opsi struktur rumah dengan kebutuhan yang bervariasi.

Ten Fold Engineering
Ada begitu banyak varian yang memungkinkan untuk diproduksi

Sebagian besar modul masih dalam tahap konsep, tetapi perusahaan sudah memiliki prototipe yang bekerja. Sejumlah arsitek, insinyur, dan manufaktur dipanggil untuk berkolaborasi menyempurnakan rumah unik ini.

Apabila sudah memasuki produksi, satu unit rumah lipat dibanderol mulai Rp 1.7 miliar. Ten Folding Engineering berharap harga bisa turun lebih jauh supaya membantu masalah kepemilikan rumah serta krisis lahan. Sebelumnya perusahaan asal Italia, Jet Capsule berencana melepas rumah terapung di tahun mendatang sebagai solusi pembangunan rumah tanpa mengorbankan lahan.

Berikut video rumah lipat versi prototipe: