Pengendara sepeda semakin dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Misalnya saja lampu sein yang sebelumnya tidak pernah ada, kini beberapa alternatif seperti Lumos dan Hexagon menawarkan fungsi keamanan yang dipadukan dengan aksesoris berkendara.

Tak ingin ketinggalan, tim mahasiswa asal Meksiko merancang rompi yang berfungsi ganda sebagai lampu sein bagi pengendara sepeda. Dijuluki Tuibo, rompi ini menempatkan 72 lampu LED membentuk huruf “T” di belakang sehingga pengendara lain bisa melihatnya.

Pengendara bisa mengontrol sein lewat handlebar khusus yang terhubung via Bluetooth. Sedangkan lampu rem menyala otomatis ketika kamu mengerem, hal ini berkat implementasi sensor accelerometer di dalamnya.

Tuibo
Lampu otomatis menyala merah ketika mendeteksi adanya pengereman

Baterai 2.200 mAh diklaim cukup untuk menggunakan selama 5 sampai 8 jam dalam sekali pengisian. Baterai beserta komponen listrik lainnya bersifat modular, sehingga dapat kamu lepas ketika ingin mencuci rompi.

Sebagai tambahan di sisi depan Tuibo terdapat lampu 100 lumen yang diposisikan di kantong dada. Lampu tersebut akan membantu ketika melakukan perjalanan di malam hari. Untuk keamanan lainnya, Tuibo juga dilengkapi klakson yang juga dikendalikan lewat handlebar sepeda.

Tuibo
Lampu depan akan membantu menerangi jalan di kondisi minim cahaya

Dengan posisi di belakang, bagaimana ketika sedang menggendong tas? Tuibo memiliki panel tambahan yang bisa direnggangkan untuk melingkupi tas. Bahan yang dipakai bersifat kedap air sehingga tidak masalah untuk melewati hujan.

Berikut video perkenalan dari Tuibo: