Falcon Heavy
Falcon Heavy tidak akan diluncurkan tahun ini

SpaceX kembali mengundur rencana peluncuran roket Falcon Heavy miliknya setelah sebelumnya dijadwalkan berlangsung akhir Desember. Menurut laporan dari Spaceflight Now, peluncuran tersebut rencananya akan dilakukan awal Januari 2018.

Layaknya Falcon 9, Falcon Heavy juga akan didaratkan kembali usai membawa stage 2 ke pinggir angkasa. Dalam proyek ini, SpaceX tidak hanya mendaratkan satu namun tiga booster ke titik yang telah ditentukan dengan dua booster diantaranya dilakukan nyaris bersamaan.

Masing-masing booster dipersenjatai 9 Merlin Engine. Artinya ada 27 mesin aktif bersamaan, memberi daya dorong sekitar 2,3 juta kilogram yang mana belum pernah ada roket yang bisa mencapainya saat ini.

Falcon Heavy merupakan proyek SpaceX untuk mengadakan perjalanan wisata ke Bulan pada akhir 2018 dengan membawa 2 penumpang milyarder yang tidak disebutkan namanya.

Peluncuran Falcon Heavy pada Januari mendatang tampaknya tidak membawa muatan untuk diorbitkan. Sebaliknya, hanya menguji roket untuk menjalani proyek komersial selanjutnya. Kegagalan bisa saja terjadi pada peluncuran perdana, oleh sebab itu SpaceX memilih untuk meniadakan muatan.

Video simulasi peluncuran Falcon Heavy dapat dilihat berikut ini: