Peluncuran Falcon Heavy
Roket terkuat di dunia tunda peluncuran (credit: SpaceX)

Peluncuran roket yang paling ditunggu-tunggu dari SpaceX, Falcon Heavy dilaporkan batal meluncur Januari ini. Padahal sebelumnya perusahaan yang bermarkas di California, AS tersebut memastikan peluncuran perdana akan dilakukan pada awal tahun ini setelah beberapa kali penundaan.

Namun, jangan khawatir sebab Falcon Heavy sudah ditargetkan meninggalkan Bumi hanya saja tidak pada bulan Januari ini seperti yang telah dijanjikan beberapa waktu lalu. CEO SpaceX, Elon Musk mengumumkan tanggal peluncuran pada 6 Februari mendatang.

“Target penerbangan pertama Falcon Heavy pada 6 Februari dari lokasi peluncuran Apollo 39A di Cape Kennedy. Mudah dilihat dari jalanan umum.” tulis Musk dalam tweet-nya.

SpaceX sendiri beberapa hari yang lalu telah melakukan pengujian static fire untuk memastikan kondisi mesin pendorong berfungsi sebagaimana mestinya. Bersamaan dengan itu Musk turut memposting bahwa peluncuran hanya sekitar seminggu lagi, namun agak sedikit diundur.

Meski sistem Falcon Heavy sepenuhnya dikontrol oleh SpaceX, tetapi Musk sendiri tidak menjamin bahwa roket itu akan mencapai orbit pada peluncuran pertamanya.

Seperti yang sudah diberitakan, muatan roket setinggi 70 meter itu adalah sportcar elektrik Tesla Roadster milik Musk, dengan target orbit Mars dan tetap berada di sana selama milyaran tahun. Mobil tersebut juga akan memutar lagu Space Oddity dari David Bowie sepanjang perjalanan, meski sudah jelas tidak akan ada yang mendengar karena suara tidak dapat merambat pada ruang hampa.

Peluncuran Falcon Heavy akan disiarkan langsung oleh SpaceX pada jadwal yang telah ditentukan. Kamu bisa menunggunya di situs Webcast SpaceX atau mengikuti terus update berita dari Sefsed.com!