Untuk memberikan robot luar angkasa pertahanan terhadap suhu dingin, Jet Propulsion Laboratory membuat gear yanng memiliki material dengan bahan khusus.

Ahli teknologi, Douglas Hoffman menyatakan bahwa Bulk Metalic Glass dapat menjadi solusi sebagai bahan dasarnya. Hal ini dikarenakan BMG dapat menghasilkan gear dengan presisi tinggi dan harga yang lebih murah.

Harmonic_Drive
Harmonic Drive – Salah satu jenis gear termahal dalam pembuatan robot (Credit: NASA/JPL-Caltech)

Metalic glass ditemukan pada 1960, oleh Caltech. Dibentuk oleh logam yang mengalami pendinginan tiba – tiba membuat struktur atom pada metalic glass menjadi acak, sehingga memiliki sifat seperti kaca. Adapun metalic glass yang tersusun dalam ukuran 1mm lebih disebut BMG.

sefsed RQ 3 3 1024x576 - Robot Penjelajah Luar Angkasa Akan Lebih Fleksibel Dengan Metalic Glass
Bulk Metalic Glass(BMG) tidak terpengaruh oleh suhu dingin (Credit: NASA/JPL-Caltech)

Hoffman menyatakan bahwa meskipun BMG telah diteliti dalam waktu yang lama, tetapi mengimplementasikannya kedalam bentuk hardware merupakan hal yang sukar dipahami.

metalic_glass_robot
Robot yang dilengkapi dengan metalic glass

Meski demikian para peneliti akhirnya melakukan uji coba untuk membuktikan potensi dari material ini pada beberapa pesawat NASA. Kedepannya implementasi BMG diharapkan menjadi solusi untuk pergerakan robot ruang angkasa pada lingkungan yang sulit, seperti pada Eropasatelit planet Jupiter.

Sumber : JPL