Scribit
Robot ini siap menggambar objek apapun yang kamu inginkan

Untuk mengakali tembok rumah yang tampak polos, stiker dan kertas tembok sudah menjadi solusi umum. Tetapi bagaimana jika kita bisa menggambar objek yang diinginkan dengan bantuan robot?

Sebuah tim yang dipimpin oleh Profesor Carlo Ratti merancang robot bernama Scribit, yang mampu menggambar di atas permukaan vertikal seperti tembok. Pengguna hanya perlu mengunggah gambar yang dipilih melalui aplikasi di smartphone dan robot akan segera menggambarnya sesuai konfigurasi.

Carlo Ratti sebelumnya mengembangkan drone untuk membuat grafiti di tembok yang tinggi, namun ide itu tidak bisa menjadi mainstream untuk kebanyakan orang. Sementara itu, Scribit menggantung dengan kabel yang diikat dengan paku.

Scribit Bot
Tinta khusus bisa dihapus dan meninggalkan tembok dalam kondisi seperti sedia kala

Scribit akan berpindah kesana-kemari sambil menggoreskan tintanya. Perangkat sudah disertai tinta berwarna yang dapat dihapus bersama dengan alat penghapusnya yang juga ada di dalam robot itu.

Jadi pengguna bisa menggambar sesuatu hari ini, lalu menggantinya besok. Tidak perlu lagi kertas tembok untuk menyesuaikan mood.

Saat ini tim tengah bersiap untuk meluncurkan produknya pada 16 April di ajang desainer Salone del Mobile di Milan. Sementara itu pemesanan barang baru akan dibuka pada 5 Juni dengan harga $199 atau Rp 3,5 juta.

Berikut video teaser Scribit: