Ajang Tokyo Motor Show tahun lalu menjadi momen tersendiri bagi perusahaan Yamaha untuk memamerkan salah satu motor sekaligus robot terbaiknya, MotoBot. Benda ini berwujud sepeda motor biasa yang ditunggangi oleh robot humanoid berwarna biru.
Lantas, pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri saat ini. Untuk pertama kalinya Yamaha menggunakan sepeda motor berkapasitas besar yakni R1M 1000cc untuk dipakai oleh robot.
Robot ini berfungsi untuk mengembangkan sistem pembalap dukungan bagi sesi latihan pembalap profesional. Rencananya ia menjadi sarana untuk mengetahui kompleksitas medan dan menilai metode balapan yang tetap aman.
Robot Humanoid Tunggangi Yamaha R1M 1000cc
Ketika melaju kencang di arena balap, ia terlihat seperti pembalap sungguhan
Yamaha telah mengembangkan robot ini perlahan dan kemampuannya diklaim sudah setara dengan pembalap sungguhan. Mulai dari memindahkan gigi, menaikan gas, mengatur kopling, dan mengatasi tikungan tajam.
Perlu pengembangan yang lebih dalam sebab robot harus peka terhadap segala kemungkinan mengingat ia melaju dalam kecepatan tinggi.
Mei lalu Valentino Rossi datang dan melihat langsung kemampuan MotoBot di atas arena balap. Ia mengaku terpukau atas kemampuan robot ini.
Bersamaan dengan itu, Rossi dimintai beberapa saran oleh para pengembang MotoBot untuk meningkatkan kemampuan robotnya.

Sumber: Gizmag, Okezone