RoboFly
Ilmuwan berharap robot mungil ini dapat digunakan untuk keperluan pengawasan hingga perbaikan di area sempit

Sejauh ini, benda terkecil buatan manusia yang dapat terbang adalah RoboBee. Sejak diperkenalkan pada 2013, robot mungil ini diharapkan bisa menggantikan fungsi drone yang lebih besar, khususnya untuk skenario yang membutuhkan perangkat lebih kecil. Kali ini, salah satu kreator RoboBee ikut berkontribusi pada proyek serupa bernama RoboFly.

RoboBee, robot terbang seukuran serangga sebelumnya hanya bisa mengudara dengan kabel untuk menyalurkan energi dari baterai. Dengan limitasi tersebut, RoboBee hanya bisa terbang bergantung pada panjang kabel.

Serupa tapi tak sama, alih-alih menggunakan kabel, RoboFly menggunakan panel photovoltaic (panel surya) kecil untuk menerima energi. Bukan dari sinar Matahari, melainkan laser bertegangan 240 volt yang dapat mengepakan sayap robot hingga membuatnya terbang.

Sawyer Fuller, anggota proyek RoboFly dari University of Washington menjelaskan bahwa di dalam robot terdapat chip yang mengatur operasinya. Robot bisa “berpikir” soal kapan mengepakan sayap dan arahnya.

RoboFly Laser
Laser memancarkan energi yang menghidupkan robot

Untuk saat ini, RoboFly hanya sebatas pada take off dan landing. Untuk bisa terbang lama, laser harus terus-menerus diarahkan ke panel photovoltaic pada robot. Tim ilmuwan berharap menemukan cara untuk tracking posisi robot secara presisi. Bahkan tidak menutup kemungkinan di kemudian hari bisa menerima energi dari frekuensi sinyal radio.

Aplikasi RoboFly sangat beragam, salah satunya inspeksi hingga ke sudut-sudut kecil yang mana tidak bisa dijangkau oleh drone konvensional.

“Kamu bisa membeli koper berisi penuh (RoboFly), membukanya, dan mereka akan terbang di sekitar gedung untuk mencari lubang di pipa gas yang bocor,” kata Fuller.

Namun, untuk mencapai aplikasi tersebut, RoboFly masih berada di tahap yang amat awal. Saat ini ilmuwan baru bisa menerbangkannya di lab dengan skala uji coba dan tampaknya tidak akan menjadi produk utuh dalam waktu dekat.