Google Pixel 2 XL
Pixel 3 XL jadi mimpi buruk penggemar Android (foto via CNET)

Kritikan terhadap desainer ponsel Android datang dari berbagai pihak usai Apple merilis iPhone X yang lekat dengan desain notch di bagian atasnya. Sejumlah brand disebut kurang inovatif akibat mencontek desain khas iPhone X tersebut. Lebih buruk dari itu, sang pengembang OS Android, Google dilaporkan juga akan mengikuti tren serupa.

Situr berita Bloomberg melaporkan Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan memulai debutnya pada Oktober tahun ini. Pixel 3 diklaim tidak memiliki banyak perubahan dibanding pendahulunya, Pixel 2. Justru, desain radikal muncul pada Pixel 3 XL yang bisa dipastikan mengikuti gaya iPhone X.

Terlebih lagi update terbaru Android P menawarkan improvisasi layar dimana ia memberikan ruang kosong bagi notch. Petunjuk ini pula yang pertama kali melahirkan rumor bahwa Pixel 3, si anak emas Google juga memiliki notch.

Sumber tersebut mengatakan bezel kedua varian smartphone tersebut akan lebih tipis, terutama sisi kiri dan kanan. Sayangnya, di bagian dagu atau bawah layar tetap memperlihatkan area yang tebal.

Sementara itu, notch atau area hitam pada bagian atas layar Pixel 3 tidak akan selebar iPhone X. Hal ini terbukti melalui sebuah foto pelindung layar yang bocor minggu kemarin di situs microblogging China, Weibo (sempat dihapus namun diunggah kembali di SlashLeaks).

Google Pixel 3 Screen Protector
Pelindung layar yang diklaim akan ditujukan untuk Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Kedua model tetap akan dipersenjatai speaker stereo, dan Google tampaknya akan mengabaikan tren kamera ganda di sisi belakang. Keputusan itu sah-sah saja selama kualitas kamera yang mereka tawarkan bisa mengalahkan mayoritas pasar.

Tim pengembangan dari HTC yang diakuisisi Google senilai $1,1 miliar tahun lalu dikabarkan mendapat peran penting dalam proyek Pixel 3. Google dilaporkan sedang bernegosiasi dengan Foxconn untuk menangani proses manufaktur. Tampaknya, perusahaan mulai mengekspansi pengaruhnya dan tidak sekedar berurusan pada desain semata.

Penjualan Pixel 2 tercatat mengalami peningkatan, namun apabila dibandingkan dengan Apple dan Samsung, Google Pixel tampak begitu kerdil. Usai mengakuisisi perusahaan smartphone dan memutuskan desain radikal, Pixel 3 seharusnya bisa menjadi titik kepercayaan diri bagi Google.