Android O, Android Octopus, Android 8
Ada puluhan fitur baru Android O, dan inilah 5 yang terbaik

Seperti menjadi sebuah tradisi, rilis Android terbaru selalu ditunggu-tunggu para konsumen smartphone. Improvisasi sistem hingga perbaikan kinerja hardware menjadi alasan utama mengapa OS besutan Google ini selalu menarik antisipasi publik. Setelah Nougat berusia satu tahun, giliran Android O akan menggantikannya.

Spekulasi sebelumnya mengklaim Android O akan dirilis minggu kedua bulan Agustus. Tetapi pembocor rahasia gadget terkenal Evan Blass menyebut jadwal rilis berada di tanggal 21 Agustus atau seminggu lebih lambat dari rumor sebelumnya.

Tanggal tersebut bersamaan dengan gerhana Matahari total yang akan tampak di Amerika Serikat. Setahun sebelumnya yakni pada 22 Agustus juga menjadi tanggal perilisan Android Nougat.

Terlepas dari itu bakal seperti apa Android O yang kini namanya masih misterius? Berikut 5 fitur keren yang akan membuatmu ingin upgrade OS!

Notifikasi yang bisa dikustomasi

Android O, Android Octopus, Android 8
Tidak lagi terganggu dengan notifikasi yang tidak terlalu penting (credit: New Atlas)

Smartphone Android sudah biasa dibanjiri notifikasi setiap hari. Google memahami hal ini agak mengganggu dan perlu sistem manajemen yang lebih relevan. Android O menawarkan notifikasi berdasarkan keinginan penggunanya, misal notifikasi penting atau kurang penting. Notifikasi juga bisa dimatikan sementara hingga akhirnya muncul saat dihidupkan kembali.

Notification Dots untuk membaca pesan secara instan

Android O, Android Octopus, Android 8
Tanpa membuka aplikasi kamu bisa baca pemberitahuan (credit: Android Authority)

Di Android O, Google akan menambahkan bulatan kecil di sudut ikon aplikasi saat ada notifikasi di dalamnya. Saat ikon itu ditekan lalu ditahan, isi notifikasi akan muncul secara ringkas sehingga tidak perlu membuka aplikasi lagi.

Isi form lebih cepat berkat Auto-fill terbaru

Android O, Android Octopus, Android 8
Fitur Auto-fill kini meningkat lebih jauh (credit: Android Authority)

Android sebelumnya sudah dibekali auto-fill untuk mengisi form secara otomatis. Pada Android O akan ada ekspansi di luar username dan password, misalnya alamat hingga nomor kartu kredit. Auto-fill terhubung dengan akun Google kamu yang digunakan pada perangkat lain.

Picture-in-picture pada Youtube ditingkatkan

Android O, Android Octopus, Android 8
Nonton video Youtube di jendela kecil tidak harus buka Youtube terus menerus (credit: Pexels)

Ketika kamu menekan tombol Back saat menonton video Youtube, video tersebut tetap akan muncul pada jendela kecil sehingga kamu bisa berselancar mencari video lain selama masih di aplikasi Youtube. Kabar baiknya Google akan membuat jendela video tersebut tetap muncul meski kamu sedang membuka Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Performa baterai yang lebih baik

Android O, Android Octopus, Android 8
Google menawarkan pengaturan konsumsi baterai yang lebih efektif di Android O (credit: Pocket Meta)

Android Nougat sudah mendesain ulang fitur Doze yang mampu menghemat baterai secara signifikan. Android O tetap akan menggunakan kemampuan andalan dari pendahulunya, namun Google memastikan sistem secara otomatis memanajemen aplikasi yang sering digunakan pengguna sehingga konsumsi baterai bisa direduksi.