Galaxy S9 Plus
Kamera ganda pada Galaxy S9 Plus membuatnya berhasil kalahkan Google Pixel 2

Satu elemen penting yang menjadi kebanggaan Samsung saat peluncuran Galaxy S9 tidak lain adalah kameranya. Samsung berulang kali merilis teaser yang memperlihatkan kemampuan kamera saat menangkap gambar di berbagai kondisi, seperti minim cahaya, objek bergerak, dan slow-motion.

Akhirnya, Galaxy S9 dan S9 Plus diluncurkan 25 Februari kemarin di Mobile World Congress 2018 disusul pre-order terhitung sejak hari ini. Sebagian pihak pun telah menjajal kemampuan handset terbaru Samsung tersebut, tidak terkecuali DxOMark yang sejak lama terus memantau kualitas kamera smartphone dari waktu ke waktu.

Galaxy S9 Plus yang dijadikan subjek pengujian berhasil mencapai skor 99 yang merupakan perolehan tertinggi saat ini, mengalahkan Google Pixel 2 (98) dan Apple iPhone X (97).

Kamera Galaxy S9 Plus
Perbandingan zoom kamera antara Galaxy S9 Plus, iPhone X, dan Google Pixel 2

Dari pengujian panjang yang dilakukan DxOMark, tercipta konklusi bahwa kamera dapat mengontrol noise dengan baik di berbagai kondisi, detail yang tajam baik indoor dan outdoor, fokus otomatis yang cepat dan akurat, warna yang lebih nyata, dan resolusi yang tetap terjaga ketika diperbesar 4 kali.

Skor untuk kamera foto mendapat 104, sedangkan video 91. Kombinasi keduanya menghasilkan nilai 99 secara keseluruhan.

Smartphone ini memiliki kamera ganda 12 MP dengan dual aperture, yakni f/1.5 dan f/2.4 untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Keduanya juga dibekali OIS, serta kemampuan merekam video slow-motion hingga 960 fps di resolusi 720p.

Kehadiran kamera ganda seringkali mendongkrak performa foto, terutama dari segi ketajaman dan resolusi. Meski demikian, Google Pixel 2 tetap menjadi yang terbaik walaupun hanya dibekali satu kamera.

DxOMark baru melakukan pengujian pada Galaxy S9 Plus, sementara versi standar belum terlihat dari daftar peringkat yang dirilisnya.