Google, Google Doodle, Google Logo, Google Art

Salah satu layanan Google yakni Site Search dikabarkan akan segera ditutup bulan April nanti. Hal ini diamini berdasarkan email yang dikirim oleh Google ke pelanggan dan mitranya bahwa pada 1 April 2017 menjadi tanggal penutupan layanan ini.

Google Site Search sebelumnya sangat berguna untuk pemilik situs web yang ingin menambahkan fitur pencarian ke dalam situsnya sendiri sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.

Dengan rencana penutupan ini, otomatis pengguna yang masih mengandalkan Site Search harus beralih ke layanan sejenis lainnya bernama Google Custom Search Engine (CSE). Meski keduanya terkesan mirip, ternyata ada perbedaan mendasar.

Google Site Search
Di halaman utama Site Search sudah terpampang notifikasi penghentian layanan

Misalnya Site Search memungkinkan pencarian gambar saja, opsi untuk menghapus iklan, dukungan email, dan integerasi dengan situs lain. Sementara itu Custom Search Engine tidak menyediakan banyak opsi untuk disesuaikan pengguna. Sehingga bagi sebagian pemilik situs, Site Search adalah pilihan yang relevan.

Layanan premium Site Search telah ada sejak 2008 namun kini akan segera dinonaktifkan. Google tidak memberikan informasi alasan rencana ini, namun pemberitahuan terkait sudah muncul di beberapa halaman Google.

Google Self Driving Bike, Google April Fools, Google April Mop
Google sedang membuat lelucon? Jika melihat kelakuan sebelumnya, bisa saja!

Kendati demikian sebagian orang masih skeptis dengan pernyataan Google. Pasalnya Site Search dimatikan pada 1 April, tanggal yang sama dengan momen April Mop (April Fools Day) dimana orang-orang biasa berbohong untuk sekedar lelucon. Diketahui Google juga ikut meramaikan budaya ini tahun lalu.

Terlepas penonaktifannya dilakukan bulan depan, tetapi layanan ini baru akan dimatikan secara total setahun berikutnya tepatnya 1 April 2018. Benar atau tidak rencana Google yang satu ini, mungkin kita baru tahu kebenarannya saat tanggal itu tiba.