Android Oreo
Google pastikan Android Oreo sebagai nama sistem operasi terbaru yang diusungnya

Nama Android O telah menjadi perbincangan di forum dan portal berita. Ada pihak yang mengatakan Oatmeal Cookie, Octopus, dan Oreo. Tetapi mayoritas warga internet lebih yakin bahwa Oreo akan menjadi nama resmi Android 8.

Google akhirnya mengumumkan nama Android Oreo pada 21 Agustus lalu, bersamaan dengan gerhana Matahari total di Amerika Serikat. Seperti janjinya pada ajang Google I/O, terdapat banyak improvisasi sistem pada versi ini.

Android Oreo memiliki notification dots di ikon aplikasi, mode picture-in-picture yang diperluas, penambahan auto-fill, dan peningkatan keamanan di Play Store. Selain itu sistem mampu menangani penggunaan aplikasi di latar sehingga pemakaian baterai mampu dihemat.

Untuk tahap pertama smartphone Pixel dan Nexus 5X & Nexus 6P memasuki sesi pengujian, sementara notifikasi update secara massal dijanjikan akan segera datang. Smartphone flagship lain dari Samsung, HTC, Huawei, Motorola, LG, dan Sony berpotensi mendapat update serupa, namun tidak diketahui kapan tepatnya.

Android Oreo bukanlah yang pertama kali menggunakan nama merek makanan ringan, sebelumnya Android KitKat sempat populer di pasaran sebelum akhirnya harus tunduk oleh Lollipop dan Marshmallow.