Samsung Galaxy S8 Dark
Render Galaxy S9 perlihatkan konsep yang sama dengan S8 ditambah sedikit sentuhan khas iPhone X (credit: Sinchen Lin)

Selagi menunggu peluncuran Samsung Galaxy S9 tahun 2018 mendatang, kita akan disuguhi beragam rumor yang menjadi refleksi bagaimana wujud dan gelar eksklusif apa saja yang akan diraih smartphone flagship tersebut.

Benci tapi cinta, begitulah kiasan yang tepat untuk menggambarkan persaingan antara Samsung dan Apple. Rumor terbaru dari BGR menunjukkan Galaxy S9 akan mengambil sejumlah fitur dan desain dari iPhone X yang dirilis awal bulan ini.

Menurut sumber yang diklaim kredibel tersebut dikatakan bahwa Samsung sedang mengerjakan teknologi pengenal wajah seperti FaceID. Sistem ini memanfaatkan kamera kedalaman atau TrueDepth di iPhone X. Meski demikian, Samsung tetap menyertakan sensor sidik jari yang posisinya telah diperbaiki.

Samsung Galaxy S9 Render
Render Samsung Galaxy S9 yang dibalut case (credit: BGR)

Di sisi belakang tersemat kamera ganda yang disusun secara vertikal yang lagi-lagi identik dengan iPhone X. Sesuai janjinya, Samsung menempatkan sensor sidik jari di tempat yang lebih nyaman diraih.

Namun bocoran ini sendiri tampaknya kurang disambut baik bagi yang menantikan sensor sidik jari di bawah layar seperti yang dirumorkan beberapa minggu lalu.

Samsung Galaxy S9 dilaporkan bakal memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan Exynos 9810 bergantung pada regional penjualan. Sektor jeroan lain seperti RAM dilaporkan antara 4 GB dan 6 GB. Kamera ganda diklaim lebih baik dari generasi sebelumnya dan juga sedikit lebih mahal.

Jika sesuai rencana, Galaxy S9 akan diluncurkan pada Februari 2018 melalui ajang World Mobile Congress dan dirilis pada Maret setelahnya.