Nimbus Data ExaDrive
SSD pertama berkapasitas 100 TB

Ukuran media penyimpanan Solid State Drive atau SSD kian membengkak tiap tahunnya. Sementara Seagate sedang mengembangkan SSD berkapasitas 60 TB, rekor yang sebenarnya dipegang oleh Samsung PM1643 dengan 30 TB. Namun Samsung sendiri akhirnya kalah oleh Nimbus Data.

SSD bernama ExaDrive oleh Nimbus Data memiliki kapasitas raksasa, yakni 100 Terabyte (TB). Namun tidak seperti Samsung yang mengedepankan kecepatan, SSD yang satu ini terhitung tidak sebegitu cepat.

Secara detil, media penyimpanan ini memiliki 100.000 IOps dan read-write 500 MBps. Tidak lambat namun bukan yang tercepat. Perangkat ini ditujukan untuk perusahaan yang memerlukan pusat data dengan ruang yang terbatas.

ExaDrive DC Series akan mulai dijual pada tahun ini, baik versi 100 TB maupun 50 TB. Soal harga, Nimbus Data mematok biaya per terabyte yang artinya akan lebih mahal dari SSD kebanyakan.

Meski begitu, CEO Nimbus Data, Thomas Isakovich mengatakan efisiensi daya per terabyte mencapai 85 persen. Untuk perusahaan yang berurusan dengan data dalam jumlah besar, ini membuat ExaDrive cukup kompetitif meski harganya yang terbilang tinggi.

Sementara bagi pasar mainstream untuk konsumen umum, ini menandakan bahwa SSD bukan lagi media penyimpanan dengan kapasitas terbatas. Ke depannya akan lebih banyak varian SSD dengan harga murah namun ukuran penyimpanan yang cukup.