Integral 512GB
Apa saja yang bisa dilakukan dengan microSD berkapasitas jumbo ini?

Media penyimpanan microSD pertama kali dijual pada 2005 dengan varian ukuran 32, 64, dan 128 MB. Membayangkan kapasitas tersebut, tentu tidak layak untuk kebutuhan smartphone masa kini. Setelah lebih dari 13 tahun pengembangan, microSD telah mencapai kapasitas yang setara dengan penyimpanan komputer.

Perusahaan veteran, Integral Memory yang juga berkontribusi dalam produksi kartu memori pada 1999 kini bersiap meluncurkan microSD terbesar di dunia.

Ukuran microSD ini mencapai 512 GB atau 1/2 terabyte, lebih tinggi dari microSD SanDisk berkapasitas 400 GB yang dirilis akhir 2017 lalu. Tetapi untuk hal kecepatan, Integral menawarkan class 10 dengan rata-rata transfer data 80 MB/detik. Masih kalah cepat dari SanDisk dengan 100 MB/detik, tetapi kamu mendapat ekstra 112 GB untuk menyimpan file.

Menurut pihak Integral, microSD ini mendukung perekaman video Full HD, terutama bagi perangkat Android, tablet, kamera digital, kamera aksi, dan drone. Selain itu produk ditawarkan dengan masa garansi selama 5 tahun.

Integral berencana merilis produknya pada bulan Februari ini, tetapi belum memberitahukan harganya di pasaran. Namun dengan asumsi microSD SanDisk 400 GB yang dijual Rp 3,3 juta, Integral hampir pasti membanderolnya lebih tinggi.