BMW M5 Drift
Proses pengisian bahan bakar selama drifting berlangsung

Drifting adalah teknik menyetir dimana pengemudi berusaha agar mobilnya tetap dalam posisi miring selama mungkin. Umumnya drift dilakukan oleh pembalap saat berada di tikungan.

BMW M5 belum lama ini memecahkan rekor dengan drifting terlama dan terjauh di dunia dengan torehan 232,5 mil atau 374,2 km. Angka sedemikian tinggi itu tentu tidak dicapai pada tikungan biasa, melainkan jalur khusus yang melingkar penuh.

Adalah Johan Schwartz, pengemudi yang mencatatkan rekor tersebut di Guiness Book of Records. BMW pada 2013 lalu sudah memegang rekor 82,6 km namun disalip oleh Toyota GT86 dengan 144,2 km setahun setelahnya.

Merasa tertantang, Schwartz dan tim dari BMW berniat untuk membalikkan keadaan. Pada rekor sebelumnya mereka menggunakan tangki bahan bakar lebih besar untuk menjangkau putaran sebanyak mungkin.

Namun kali ini pendekatan lebih ekstrim coba dilakukan, yakni seperti jet militer yang mengisi bahan bakar dari pesawat tanker selagi terbang.

Drift Record
Johan Schwartz (pemecah rekor), Matt Butts (pengisi bahan bakar), dan Matt Mullins (pengemudi mobil bahan bakar)

Tim kemudian mengambil beberapa komponen pada sistem tersebut kemudian disematkan pada dua BMW M5, dimana satu dikendarai Schwartz dan lainnya sebagai pemasok bensin.

Proses pengisian ini terbilang cukup berbahaya. Pasalnya kedua mobil harus melakukan drift berdekatan untuk melakukan pengisian. Matt Butts yang berperan sebagai penghubung suplai bahan bakar berada dalam posisi berisiko sebab ia mudah terhimpit antara kedua mobil yang sedang melaju.

Resiko lainnya ialah kebocoran saat melakukan proses docking sehingga menimbulkan percikan api dan ledakan.

Namun semua usaha itu akhirnya terbayar manis. BMW kembali menaruh namanya dengan 374,2 km drift selama 8 jam. Selain itu ada pula rekor lain yakni drift dua mobil bersamaan sejauh 63 km.

Berikut video pemecahan rekor drifting terjauh di dunia BMW M5: