Menyelesaikan rubik menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Apalagi jika permainan teka-teki populer tersebut berhasil selesai dalam waktu singkat.

Sejak ditemukan pada pertengahan 1970an, orang-orang berlomba untuk mencapai rekor tercepat khususnya untuk kubus rubik 3x3x3. Saat ini rekornya dipegang oleh Collin Burns dengan catatan waktu 5.25 detik.

Namun Burns masih kalah dari Sub1 Reloaded, robot penyusun rubik tercepat saat ini. Robot tersebut diciptakan oleh sebuah perusahaan teknologi asal Jerman, Infineon.

Sub1 Reloaded unjuk kebolehan di ajang elektronik di Munich. Robot tersebut berhasil menyelesaikan rubik 3x3x3 dengan dalam waktu kurang dari 1 detik atau lebih tepatnya 0,637 detik.

Mesin robot masih sama, hanya saja otaknya yang mengalami peningkatan versi
Mesin robot masih sama, hanya saja otaknya yang mengalami peningkatan versi

Sebelumnya, dengan mesin yang sama, robot tersebut memecahkan rekor dengan perolehan waktu 0,887 detik. Peningkatan terjadi setelah tim mengganti processornya.

Infineon mengatakan ada 43 quintillion kemungkinan kombinasi rubik. Seluruhnya dapat dipecahkan oleh robot tersebut.

Cukup pasang rubik yang telah diacak, kemudian tekan satu tombol maka robot akan bekerja dengan sangat cepat. Sejumlah kamera dipasang untuk mengetahui warna rubik dan memperhitungkan kombinasinya.

Sumber: Infineon