Selebrasi Bugatti harus segera usai setelah rekornya disalip Koenigsegg

Perusahaan otomotif asal Perancis, Bugatti baru saja merayakan keberhasilan supercar terbarunya, Chiron yang menyentuh 0-400 km/jam dan kembali ke 0 dalam 42 detik. Belum lama rekor itu bertahan, raksasa otomotif Swedia segera mematahkannya.

Koenigsegg melalui Agera RS mencoba atraksi serupa di sebuah lapangan udara bekas Perang Dunia II dekat lahan pembangkit listrik tenaga surya di wilayah Skandinavia. Mobil dengan 1.360 tenaga kuda tersebut meraih kecepatan dari 0-400-0 km/jam hanya dalam 37,2 detik, terpaut hampir 5 detik dari Bugatti Chiron dengan torehan 42 detik.

koenigsegg agera rs record 10 - Rekor 0-400 km/jam Bugatti Chiron Berhasil Disalip oleh Mobil ini
Termasuk jarak yang ditempuh lebih pendek dari Chiron

Akselerasi mencapai 400 km/jam berlangsung selama 26,9 detik sementara sisanya adalah pengereman. Agera RS memerlukan jarak perjalanan sejauh 2,4 kilometer. Sang pengemudi, Niklas Lilja harus mengatur kemudi agar roda tetap stabil meski dalam tingkat rotasi ekstrim. Sangat sulit mengontrol mobil tetap pada jalurnya saat sedang melaju dengan sangat kencang.

Menurut Koenigsegg, jalur yang dipakai hanya sepanjang 2,8 kilometer. Untuk itu mereka berusaha mobil dalam kondisi baik saat pengujian berlangsung. Apalagi kondisi di ujung jalan yang semakin buruk memaksa pengemudi tidak boleh terlalu jauh.

Sebelumnya Agera RS dijadwalkan akan diuji di Jerman, namun karena cuaca buruk membuat tim harus mengubah jadwal dan memindahkan trek ke Skandinavia.

Berikut video pemecahan rekor oleh Koenigsegg Agera RS:

e