Kereta Panel Surya India
Kereta ini mampu kurangi puluhan ribu liter bahan bakar fosil setiap tahunnya

India merupakan salah satu negara dengan tingkat polusi udara tertinggi, sekitar 4 kali banyak dari batas ambang yang ditetapkan. Menanggapi permasalahan tersebut, pemerintah meluncurkan kereta Diesel Electric Multiple Unit (DEMU) yang memanfaatkan panel surya untuk kebutuhan listriknya.

Kereta sudah masuk dalam tahap operasi, diluncurkan pertama kali di Stasiun Safdarjung di New Delhi bagian selatan dengan membawa 6 gerbong penumpang. Proyek ini merupakan bagian dari usaha Indian Railways untuk mengurangi produksi gas karbon. Selain itu pemerintah juga berencana membangun pembangkit listrik tenaga surya berdaya 1.000 megawatt.

Kereta Panel Surya India
Listrik yang diperoleh digunakan untuk keperluan di dalam kereta

Untuk penggerak, DEMU menggunakan mesin diesel berkekuatan 1.600 tenaga kuda. Sementara saat siang hari panel surya menyerap energi dan mengubahnya menjadi listrik. Listrik tersebut digunakan untuk lampu, pengoperasian pintu, papan informasi, dan sebagainya. Terdapat pula baterai sehingga listrik bisa disimpan untuk malam hari.

Setiap gerbong memiliki 16 panel dengan masing-masing rating 300 watt, sistem diklaim mampu menyediakan energi hingga 20 kWh setiap harinya. Dengan menggunakan panel surya, Indian Railways memperkirakan bisa menghemat 21.000 liter bahan bakar per tahun dan mengurangi produksi gas karbon sebesar 9 ton setiap tahunnya.

Kereta dengan panel surya di atapnya masih berjumlah satu buah, tetapi Menteri Perkeretaapian India mengatakan 24 gerbong lainnya akan ditambahkan dalam 6 bulan ke depan.