Huawei P20 Pro
Skor kamera Huawei P20 Pro jadi yang tertinggi

Selagi smartphone dengan dua kamera sedang naik daun, Huawei mencoba pendekatan yang lebih ekstrim yakni menggabungkan tiga kamera sekaligus. Hasilnya, cukup mengagumkan. Smartphone yang diumumkan 27 Maret lalu sukses merajai posisi teratas dengan raihan skor kamera melampaui Samsung Galaxy S9 Plus dan Google Pixel 2.

Huawei P20 dan Huawei P20 Pro masing-masing mendapat nilai 102 dan 109 oleh validator kamera independent, DxOMark. Angka ini terpaut cukup jauh dibanding Galaxy S9 dengan 99 poin, Google Pixel 2 98 poin, dan iPhone X di 97 poin.

Huawei P20 Pro memiliki tiga kamera belakang, yakni 8 MP lensa telefoto, 20 MP lensa monochrome, dan 40 MP lensa utama. Ponsel ini dibekali 1/1.7-inci sensor gambar dan 2 µm piksel dimana secara teori mampu menangkap foto terang dengan distrosi sangat minimal.

Huawei P20 Camera
Eksposur cahaya yang tampil pada P20 lebih baik dibanding kompetitor lain

Dari sisi software, Huawei bekerja sama dengan Leica untuk menambah fitur kecerdasan buatan. Menurut perusahaan, kamera dapat mengenali 500 skenario foto dan menentukan konfigurasi terbaik sebelum kamu menekan tombol foto.

Sementara kamera depan, keduanya sama-sama memiliki sensor 24 MP yang memastikan foto selfie tetap jernih dan tajam. Huawei tidak segan mengatakan bahwa smartphone flagship ini dirancang untuk fotografer profesional.

Smartphone bergaya iPhone X ini hadir dengan bezel tipis dan sensor sidik jari berlokasi di bawah. P20 memiliki RAM 4 GB, sementara sang kakak P20 Pro dengan 6 GB. Namun secara umum spesifikasi keduanya cukup identik.

Huawei P20 dibanderol seharga €649 atau Rp 11 juta. Sedangkan P20 Pro mencapai €899 atau Rp 15 juta. Smartphone tersebut akan mulai dijual di Eropa mulai April nanti. Informasi harga untuk pasar Asia, khususnya Indonesia belum tersedia.