Sepeda motor elektrik Ethec sanggup berjalan 400 km hanya dengan satu jam pengisian

Selagi mobil elektrik semakin mendekati performa mobil berbahan bakar minyak, kendaraan berskala kecil seperti sepeda motor elektrik masih berjuang untuk menyamai pendahulunya dalam hal jarak tempuh. Tim dari ETH Zurich dan Zurich University of the Arts merancang sepeda motor elektrik berjuluk Ethec yang saat ini diklaim mampu mencapai 400 km dalam sekali pengisian daya.

Sepeda motor yang masih dalam tahap prototipe itu memanfaatkan baterai raksasa 15-kWh. Bisa terlihat dari bagian luar motor dimana terdapat kotak besar dimana sumber energi itu berasal.

Tim Ethec mengklaim kapasitas baterai dapat terjaga selama bertahun-tahun berkat sistem kontrol panas yang disematkan di sisi belakang sepeda motor. Objek berbentuk sirip tersebut akan memastikan baterai tidak kepanasan baik saat sedang digunakan berkendara ada pengisian. Proses pengisian baterai hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Fisik dari Ethec yang agaknya tampak gemuk

Di bagian dasbor, terlihat komponen minimalis berupa tablet layar sentuh berukuran 7 inci yang bisa terhubung dengan smartphone melalui jaringan Bluetooth. Menurut tim, pemilik sepeda motor bisa mengaktifkan mesin tanpa kunci. Cara ini jauh lebih aman dibanding kunci konvensional yang amat berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah.

Daya maksimal mencapai 50 kW atau 67 tenaga kuda. Sejauh ini tim belum menguji kecepatan maksimal dari sepeda motor elektrik buatannya. Namun dalamĀ test drives terbaru, mereka mendapatkan 126 km/jam.

Terlepas bahwa desain Ethec tampak tidak akan menarik market manapun, tetapi jarak tempuh 400 km merupakan tawaran luar biasa. Ethec sendiri belum dalam wujud final, tim masih punya waktu untuk menyempurnakan desain dan performa sepeda motor tersebut.