SpaceX Dragon ISS
Misi kembalinya manusia ke Bulan diundur hingga tahun depan (credit: NASA)

Cita-cita utama perusahaan antariksa SpaceX ialah mengirim manusia ke Mars dan hidup secara permanen disana. Namun untuk tahap, awal perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk ini ingin mencoba mengirim kembali manusia ke Bulan pada akhir 2018. Sayangnya, jadwal misi ambisius tersebut diundur dan tidak jadi diadakan tahun ini.

Menurut laporan dari Wall Stree Journal yang dirangkum oleh CNET, dua turis yang telah membayar untuk wisata mengorbit Bulan tidak akan diterbangkan tahun ini. Jadwal peluncuran diundur setidaknya hingga pertengahan 2019.

Namun, alasan penundaan tersebut belum jelas. Dua turis yang masih anonim hingga saat ini telah mempercayakan uang dalam jumlah besar kepada SpaceX untuk mengirim mereka kembali ke Bulan usai hampir 50 tahun tidak terjamah manusia.

Rencana tersebut awalnya akan menggunakan roket Falcon Heavy dengan modul Dragon Crew yang telah disertifikasi untuk membawa manusia. SpaceX hingga saat ini baru sekali meluncurkan Falcon Heavy, sementara misi berawak belum pernah dilakukan.

Sebagai program awal, misi berawak akan mengantar astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Agustus mendatang. Sayangnya, belum terlihat tanda-tanda bahwa perusahaan sudah siap untuk misi yang melibatkan nyawa manusia. SpaceX juga dikenal sering melakukan pengunduran berulang-ulang. Jadi, jangan heran apabila wisata ke Bulan menjadi salah satu subjek yang ditunda.

“SpaceX masih berencana untuk menerbangkan individu privat dalam perjalanan mengelilingi Bulan dan terlihat ada banyak peminat (wisata ke Bulan),” kata perwakilan SpaceX, James Gleeson.

Ikuti terus perkembangan terbaru peluncuran SpaceX lewat kanal media sosial Sefsed di Facebook, Twitter, atau Google Plus.