Printer model 3D nampaknya akan menjadi alat penunjang yang esensial di bidang medis. Pasalnya kini model jantung dapat dibuat berdasarkan hasil CT scan, untuk mendapatkan model jantung prostetik yang sempurna untuk pasien.

Dengan 3D printer yang bersifat multi-material, peneliti dapat membuat katup jantung tiruan dengan detail yang menyerupai katup jantung asli.

Untitled 3 - Printer Model 3D, Alat Penunjang Baru Operasi Jantung
Hasil Printer 3D Model Jantung

Teknologi ini juga memungkinkan untuk membuat kondisi jantung yang berhunungan dengan pasien guna keperluan pemeriksaan sebelum pembedahan.

Analisa Model 3D Hasil Printing
Analisa Model 3D Hasil Printing

Zhen Qian, ilmuwan Piedmont Institute menyatakan bahwa teknologi ini sangat menggembirakan, karena printer ini dapat digunakan untuk diagnosa lokasi kebocoran dan masalah jantung secara detail.

Zheng, Profesor Georgia Tech menyatakan bahwa masalah utama operasi transplantasi jantung adalah: jantung semua orang berbeda, dan merupakan tantangan bagi para medis untuk mendapatkan jantung prostetik yang tepat, sehingga teknologi ini dinilai memiliki potensi besar untuk keperluan medis.

Operasi_Transplantasi_Jantung
Operasi Transplantasi Jantung

Sejauh ini para ilmuwan telah mencetak model jantung lebih dari 20 pasien. Kedepannya teknologi ini mungkin akan digunakan sebagai alat standar untuk persiapan pra-operasi.

Sumber : Georgia Tech