ClayXYZ
Buat model 3D-nya, cetak, bakar. dam jadilah gerabah

Printer 3D sejak awal kemunculannya memang sangat fenomenal. Beberapa orang memanfaatkannya untuk mencetak ide mereka yang tadinya masih dalam format virtual di komputer. Mulai dari benda-benda dekoratif berukuran kecil hingga membangun tempat tinggal bagi manusia.

Lantas hanya itu saja? Tentu tidak. Industri gerabah yang notabenenya bernuansa tradisional dan hanya mengandalkan alat-alat sederhana kini mulai “disusupi” kecanggihan teknologi abad 21. ClayXYZ, begitulah nama printer 3D yang dirancang untuk mencetak objek dari bahan tanah liat atau lempung.

Mulai dari guci, gelas, vas bunga, pot tanaman, dan bentuk lainnya dapat dihasilkan lewat printer ini. Pencipta ClayXYZ mengklaim produknya lebih ramah lingkungan dibanding versi konvensional yang menggunakan material plastik. Tanah liat jauh lebih murah dan mudah didapatkan, bahkan bisa saja menemukannya di sekitar tempat tinggal.

ClayXYZ
Beragam karya cantik yang lahir dari ClayXYZ

ClayXYZ terdiri dari bagian ekstrusi (wadah pemompa tanah liat) dan printer 3D. Meski menyediakan paket penjualan lengkap, ClayXYZ tidak mengharuskan calon konsumen membeli kedua perangkatnya. Perangkat ekstrusi bisa digunakan pada printer 3D biasa berjenis Fused Deposition Model (FDM).

ClayXYZ
Perangkat printer 3D dan ekstrusi, tidak harus membeli keduanya agar bisa mencetak dari tanah liat

Cara mencetak sama persis dengan printer 3D bermaterial plastik. Kamu bisa memilih untuk mengunduh model tiga dimensi yang sudah ada atau membuatnya sendiri. Kemudian mulai melakukan pencetakan. Durasi tergantung ukuran dan tingkat kerumitan objek.

Perangkat ekstrusi dijual mulai Rp 4.6 juta. Sementara paket lengkap antara Rp 9 hingga 10 juta. Barangkali kamu yang sedang menjalani industri gerabah tertarik memiliki alat yang satu ini.