Untuk smartphone zaman sekarang, rasanya kurang lengkap kalau tidak dikawinkan dengan powerbank. Powerbank sendiri sebenarnya bukan barang baru, namun penggunaannya baru meledak ketika smartphone merajai ranah ponsel.
Rata-rata smartphone memang boros baterai. Coba kamu bandingkan daya tahan baterai smartphone masa kini dengan ponsel standar, kamu akan menemukan perbedaan yang besar.
Untuk itulah powerbank menjadi kebutuhan sekunder yang penting bagi kamu pengguna smartphone.
Tenaga pada powerbank bisa diisi dengan arus AC alias arus listrik yang biasa kamu pakai di rumah. Tetapi powerbank bernama HeLi-on ini bisa memanfaatkan panas matahari lho!
Adalah InfinityPV, perusahaan asal Denmark yang mengembangkan sebuah powerbank yang dilengkapi panel surya untuk mengisi tenaganya.
Seperti apa keunikan HeLi-on ini?
Bentuk super mini, panel surya bisa digulung
HeLi-on
Alasan penting mengapa HeLi-on cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi ialah bentuknya yang kecil. Memiliki ukuran11,3 x 3,6 x 2,8 sentimeter dan berat 105 gram.
Panel surya yang dipilih ternyata cukup unik, ia sangat tipis dan bisa digulung. Ketebalan panel surya ini bahkan kurang dari satu milimeter. Coba ambil penggaris dan lihat seberapa tebal satu milimeter itu.
Untuk mengeluarkan panel surya, cukup ditarik sesuai panjang yang dibutuhkan. Lalu untuk merapikannya kembali hanya perlu memutar salah satu penggulung.
HeLi-on tetap bisa kamu gunakan tanpa menggelar panel surya
HeLi-on
Meskipun memiliki sumber tenaga utama dari panas matahari, kamu tetap bisa menggunakan HeLi-on tanpa panel surya.
Powerbank ini bisa menyimpan kapasitas sebesar 2600mAh yang cukup untuk mengisi baterai smartphone, kamera, senter, dan sebagainya.
Jadi, ketika selesai “menjemur” HeLi-on di bawa terik matahari, kamu bisa langsung menggunakannya.
Berikut video tentang HeLi-on:
Info penting yang perlu kamu ketahui, harga powerbank ini $90 atau Rp 1.2 jutaan. Harga ini sudah termasuk biaya pengiriman ke seluruh negara.
HeLi-on telah memasuki tahap manufaktur dan akan segera dirilis pada Juli 2016. Tentu saja pihak pertama yang mendapatkan HeLi-on adalah yang sudah melakukan pre-order sebelumnya.
Sumber: Kickstarter