River Bank
Power Bank ini dirancang untuk isi ulang ponsel dan laptop

Power bank untuk mengisi daya laptop bahkan menghidupkan televisi biasanya berukuran sebesar koper dan umumnya dihargai puluhan juta. Sebuah startup dari San Francisco, EcoFlow memperkenalkan produk power bank bernama River Bank yang dirancang untuk mengisi daya kamera, smartphone, hingga laptop.

Alih-alih bertubuh bongsor dan sulit dibawa, River Bank mengusung desain modular dimana setiap modulnya memiliki fungsi atau port berbeda sembari tetap menyimpan daya listrik.

Modul utama (Main Module) berukuran 17,6 x 11,5 x 3,4 cm dengan kapasitas 25.600 mAh, 94 Wh lithium-ion, dan port USB-A dan USB-C masing-masing dua buah. Layar LED kecil menampilkan sisa kapasitas dan port mana saja yang sedang dipakai. Selain itu di atasnya terdapat charging pad untuk perangkat apapun yang mendukung pengisian wireless Qi.

River Bank Laptop
River Bank disertai daya dan port yang menunjang pengisian baterai laptop

Menurut EcoFlow, satu Main Module dapat mengisi baterai laptop antara satu hingga tiga kali, ponsel hingga 15 kali, tablet tiga kali, dan kamera aksi seperti GoPro sebanyak 20 kali. Sementara proses pengisian power bank sendiri memakan waktu sekitar 4-6 jam atau 12-18 jam jika menggunakan panel surya portable dengan tingkat efisiensi 21 persen.

Sementara Main Module hanya menyediakan port khusus gadget berbasis USB, AC Module dilengkapi port steker 100 watt semisal untuk menyalakan laptop hingga perangkat elektronik berat. Modul ini sedikit lebih tipis dari modul utama, kapasitasnya juga lebih rendah yakni 21.600 mAh.

Yang terakhir adalah Car Module, sesuai namanya, EcoFlow merancang modul ini untuk melakukan jump start pada mobil. Dengan kapasitas 4.000 mAh berdaya 44 Wh, Car Module diklaim dapat melakukan jump start hingga 10 kali.

River Bank Module
Tiga modul River Bank

Jika semua modul digabung, kapasitasnya menjadi 51.600 mAh dan daya 188 Wh. Namun, karena bersifat modular, kamu bisa membawanya di pesawat mengingat aturan penerbangan internasional hanya mengizinkan power bank dengan daya maksimal 100 Wh.

Sukses dengan penggalangan dana di Indiegogo tahun lalu, River Bank siap masuki tahap produksi. EcoFlow juga menawarkan Main Module seharga $199, sementara sistem penuh dibanderol $489 lengkap dengan AC Module, Car Module, dan panel surya portable 21 watt. Pengiriman ditargetkan mulai pada Agustus mendatang.

Berikut video River Bank oleh EcoFlow: