drone for pollinate

Jika lebah punah, manusia akan mengikuti empat tahun setelahnya. Setidaknya kamu pernah melihat quote ini yang berseliweran di jejaring sosial. Kalimat itu berasal dari seorang jenius asal Jerman, Albert Einstein.

Lebah membantu proses penyerbukan tanaman yang merupakan makanan bagi sejumlah satwa dan tentunya manusia. Semakin berkurangnya lebah sama saja mengurangi cadangan makanan.

Peneliti dari Tokyo’s National Institute of Advanced Science and Technology mencoba menggunakan drone sebagai alat penyerbukan tanaman.

Salah satu peneliti Dr. Eijiro Miyako menyebut ide berawal dari kegagalan eksperimen tahun 2007. Botol gel yang sudah tidak digunakan tersimpan cukup lama sampai mereka menemukannya kembali dalam kondisi yang masih lumayan.

Dibanding membuangnya, memanfaatkan gel tersebut dirasa lebih baik. Mereka mengambil semut kemudian menaruh setitik gel di atas tubuhnya dan membiarkan semut berjalan di kelopak bunga tulip.

1 SEFSED JPEG 2 - Populasi Lebah Mengkhawatirkan, Ilmuwan Gunakan Drone untuk Bantu Penyerbukan
Hasil percobaan kecil ini memberi lampu hijau untuk percobaan selanjutnya.

Tanpa terduga semut dengan gel membantu proses penyerbukan. Atas dasar ini, Dr. Ejiro Miyako mengatakan timnya ingin melakukan improvisasi, yakni membawa gel dengan drone.

Lebah memiliki rambut halus di sekitar tubuhnya dimana di area itu terdapat gel. Mencoba memanipulasi, tim menambahkan rambut sintetis yang diolesi gel di bagian bawah drone.

drone for pollinate
Rambut halus buatan dengan sifat yang mirip lebah

Drone yang dipakai berukuran mini, kira-kira mirip Cheerson CX-10. Salah satu anggota tim menerbangkannya ke arah bunga, setidaknya bagian bawah drone menyentuh area bunga.

drone for pollinate
Hanya perlu kurang dari satu detik untuk penyerbukan

Percobaan ini berhasil dilakukan pada bunga bakung. Tim peneliti menyimpulkan ini adalah cara terbaik untuk melakukan penyerbukan buatan.

Dr. Ejiro juga menuturkan timnya sudah mencoba tanpa rambut halus dan gel, hasilnya sama sekali tidak membantu penyerbukan. Ia berharap hasil penelitian ini dapat menjadi solusi kelangkaan penyerbukan akibat menurunnya populasi lebah.

drone for pollinate
Langkah selanjutnya adalah menciptakan drone yang spesifik untuk penyerbukan

Pengembangan drone nantinya akan dibuat semirip mungkin dengan lebah, terutama dari segi sensor, bahkan kemungkinan sistem autonomous.

Untuk informasi lebih detil, kamu bisa cek jurnal ilmiahnya di Science Direct.

Sumber: Science Daily