Zanco Tiny T1
Perbandingan ukuran Zanco Tiny T1 dengan uang logam

Berbicara soal ponsel pintar, hampir pasti diasosiasikan dengan layar lebar yang membentang dari ujung ke ujung bingkai. Dimensinya pun sangat lebar hingga lebih sulit jika dimasukkan ke dalam kantong kemeja.

Apa yang ditawarkan produsen ponsel bernama Zanco justru sebaliknya. Perusahaan membuat ponsel standar berukuran sangat kecil, kira-kira sebesar ibu jari orang dewasa. Zanco Tiny T1 diklaim sebagai ponsel terkecil di dunia. Secara rinci, ukurannya hanya 46,7 x 21 x 12 milimeter.

Sementara itu untuk kategori smartphone terkecil masih dipegang oleh Micro X S240 dengan ukuran kira-kira sebesar kartu kredit.

Zanco Tiny T1 Phone
Menariknya, teknologi layar sudah menggunakan OLED, tapi bukan layar sentuh

Di permukaan depan telah tersedia layar OLED 1,2 cm beresolusi 64 x 32 piksel, tombol navigasi, dan tombol numerik seperti ponsel candybar pada umumnya. Baterai internal berkapasitas 200 mAh memberikan waktu standby selama tiga hari dan durasi telepon 180 menit.

Lebih lanjut, tersedia slot nano SIM yang mendukung 2G. Perusahaan mengatakan hanya bisa menggunakan jaringan ini karena keterbatasan ruang. Namun sudah cukup untuk sekedar telepon dan SMS. Pihaknya menyarankan untuk memeriksa ketersediaan jaringan ini di wilayah tempat tinggal sebelum membeli.

Media penyimpanan dapat diisi 300 nomor kontak, 50 pesan SMS, 50 panggilan terakhir, dan fitur pengubah suara. Pihaknya menuliskan bahwa ponsel memiliki “32RAM+32ROM” tetapi tidak disebutkan secara detil tingkatan ukurannya, entah itu KB atau MB.

Zanco Tiny T1 vs Smartphone
Zanco Tiny T1 bersanding dengan smartphone modern

Karena hanya menawarkan fitur dasar bertelepon dan SMS, Zanco Tiny T1 tidak dianjurkan sebagai ponsel utama. Tetapi sangat berguna dalam keadaan darurat, bepergian tanpa membawa banyak barang, bersepeda, atau kamu gunakan sebagai gantungan kunci.

Saat ini Zanco Tiny T1 menjadi subjek kampanye di Kickstarter dan telah memperoleh $120 ribu dari 1.700 backers. Zanco turut menjual ponsel ini seharga €35 atau Rp 600 ribu, dan jika sesuai jadwal maka proses produksi akan dilakukan pada Januari serta perilisan bulan Maret 2018.

Selengkapnya tentang Zanco Tiny 1, ponsel terkecil di dunia bisa dilihat dalam video berikut: