Oppo Find X
Hampir seluruh permukaan depan adalah layar

Kekecewaan telah meliputi penggemar ponsel Android dalam beberapa bulan terakhir. Bagaimana tidak, alih-alih menawarkan desain baru yang membuatnya semakin unik, para vendor smartphone justru beramai-ramai berusaha semirip mungkin dengan iPhone X yang secara tidak resmi adalah kompetitor dari sejumlah ponsel flagship Android. Untungnya manufaktur asal China, Oppo berani merilis desain eksklusif yang akan membuat siapapun jatuh cinta.

Ponsel Flagship Oppo Find X mengusung tema all-screen-display tanpa eksistensi notch atau poni khas yang hinggap pada iPhone X dan sejumlah ponsel Android lain.

Pihak perusahaan mengklaim rasio bodi terhadap layar adalah 93,8 persen dengan dimensi total 6,4 inci bersisi lengkung layaknya Galaxy S8 dan Galaxy S9. Lalu bagaimana Oppo menyimpan kamera depan dan sejumlah sensor lain?

Sisi atas ponsel ternyata diletakkan secara tersembunyi dan bisa dikeluarkan saat dibutuhkan. Di sana tersemat kamera depan 25 MP, fitur pengenal wajah 3D, kamera inframerah, sensor jarak, dan speaker. Oppo mengatakan bahwa kamera dapat terbuka hanya dalam 0,5 detik yang membuatnya terhitung cukup cepat.

Meski terbilang unik, desain Find X agak mirip dengan prototipe Doogee Mix 4, hanya saja slider tidak bergerak otomatis melainkan manual oleh tangan. Selain itu Vivo Apex juga menawarkan ide serupa tetapi spesifik pada bagian kamera yang mampu tenggelam.

Oppo Find X Back and Front
Sisi depan dan sisi belakang Find X

Sebagai smartphone flagship 2018, mungkin kamu sudah bisa menduga bagaimana spesifikasi Find X. Di dapur pacu tersemat prosesor Qualcomm Snapdragon 845 disertai RAM 8GB, dan penyimpanan internal mencapai 256GB. Baterai 3.730 mAh juga cukup besar apalagi mengetahui fakta bahwa ia ditemani fitur fast charging milik Oppo, VOOC yang setara dengan OnePlus Dash Charge.

Oppo Find X dilaporkan akan berjalan dengan Android 8.1 dengan preferensi ColorOS yang dikustomisasi. Tampilannya secara umum mirip antara Samsung dan iOS yang digabungkan.

Seperti yang dapat kamu lihat, ponsel ini tidak memiliki sensor sidik jari termasuk di bawah layar. Maka satu-satunya sensor biometrik yang tersedia adalah pengenal wajah tiga dimensi yang juga dipakai pada iPhone X, namun belum terlihat seberapa akurat kemampuannya jika dibanding produk Apple tersebut.

Spesifikasi Oppo Find X

Spesifikasi Oppo Find X
Dimensi 56.7 x 74.2 x 9.6 mm
Berat 186 g
Layar AMOLED 6.42-inch 2,340 x 1,080p 19,5:9
Prosesor Snapdragon 845 Octa-core
GPU Adreno 630
RAM 8 GB
ROM 256 GB
Kamera depan Selfie 25 MP (f/2.0)
Kamera belakang Kamera ganda 16MP (f/2.0)+ 20MP (f/2.0)
Baterai 3.730 mAh VOOC charging
OS Android 8.1 dengan ColorOS 5.1
Sensor Pengenal wajah 3D, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, USB type-C, NFC

Diperoleh dari The Verge

Harga Oppo Find X di Indonesia

Oppo Find X akan dirilis di China bulan ini sementara rilis global pada Agustus mendatang. Mengingat popularitasnya di Indonesia, sangat mungkin bahwa Oppo akan memboyong ponsel canggih ini ke Tanah Air. Namun, berapakah harganya?

Satu unit Oppo Find X dibanderol seharga €999 atau Rp 16 jutaan. Itu belum termasuk berbagai biaya tambahan ketika masuk ke Indonesia. Jadi, bisa diasumsikan bahwa harganya akan mendekati Rp 18-19 juta.

Nah, apakah kamu tertarik dengan ponsel ini?