Fumpa Pumps
Pompa ban elektrik yang bisa digunakan berkali-kali

Bersepeda dalam jarak yang cukup jauh disarankan untuk membawa alat pompa tangan. Karena kurang efektif, para pesepeda lebih terbiasa menggunakan tabung berisi tekanan udara yang bisa langsung dipakai ketika ban terasa kempes.

Sebuah perangkat bernama Fumpa diperkenalkan lewat ajang Interbike Show minggu ini. Alat tersebut berfungsi untuk mengisi ban dalam rentang waktu sekitar 20-25 detik. Menariknya, pompa elektrik ini menyediakan udara yang cukup untuk 6 roda sepeda dengan tekanan maksimal 120 psi.

Pengisian baterai diklaim hanya memakan waktu 1 jam melalui konektor USB. Fumpa juga dilengkapi layar penunjuk kondisi tekanan ban secara real-time saat dipakai. Perangkat berukuran 42 x 73 x 87 milimeter atau sedikit kurang dari kepalan tangan, bobotnya juga terhitung ringan yakni 380 gram.

Fumpa Pumps
MiniFumpa dengan ukuran yang lebih kecil dan jumlah pengisian yang terbatas

Produsen juga merilis versi yang lebih kecil yakni MiniFumpa dengan kemampuan mengembangkan 2 ban. Sayangnya tidak ada layar untuk melihat tekanan ban, dengan begitu kamu hanya bisa mengetahuinya dengan pengukuran manual.

Baik Fumpa dan MiniFumpa, keduanya dikatakan bisa dimasukkan ke dalam saku. Meski sebetulnya tampak agak besar untuk diletakkan disana, namun cukup kecil jika ditaruh dalam tas atau disematkan pada sepeda.

Informasi dari situs Fumpa, satu unit Fumpa dijual seharga Rp 2.4 juta, sementara MiniFumpa dibanderol Rp 1.7 juta. Keduanya baru akan dipasarkan setelah Interbike Show selesai pada 25 September mendatang.