Philips Hue Entertainment
Warna lampu mengikuti suasana dalam film

Dalam kehidupan modern, lampu tidak hanya sekedar menjadi benda penerang, melainkan media yang sering dipakai untuk menghidupkan suasana. Sebut saja tata cahaya panggung yang seringkali membuat pertunjukan jadi lebih terasa.

Pada CES 2018, Philips memamerkan jajaran lampu pintar terbarunya yang dijuluki Hue Entertainment. Seperti namanya, lampu tersebut dibuat khusus untuk kepentingan hiburan. Sistem di dalamnya memungkinkan perubahan warna sesuai scene pada film dan video game.

Lampu dapat mengantisipasi suasana dalam video lalu menentukan perubahan warna apa yang cocok pada bagian itu. Selain film dan game, lampu ini juga bisa dipakai pada musik berdasarkan alunan suaranya.

Namun bagian paling menarik ada pada penggunaan video game. Pasalnya Philips telah menggandeng raksasa hardware gaming, Razer agar dapat menghubungkan lampunya dengan peripheral komputer, seperti keyboard dan mouse

Philips Hue Entertainment
Pengaturan lampu dikontrol secara nirkabel dengan aplikasi smartphone

Hue Entertainment dan Razer Chrome menjadi kombinasi apik, khususnya bagi gamer. Katakanlah saat kamu bermain game Overwatch, warna lampu akan menyesuaikan dengan karakter yang dipilih dan special effect yang digunakan. Dengan kata lain, permainan akan terasa lebih imersif.

Meski Razer secara resmi mengumumkan Philips sebagai partnernya, perusahaan berlambang tiga kepala ular itu juga punya perangkat dengan tujuan serupa, yakni Razer Ariana yang diperkenalkan tahun lalu. Sayangnya belum ada kabar terbaru soal ketersediaan proyektor itu.

Philips Hue Entertainment rencananya akan dirilis tahun ini, termasuk aplikasi pendukung yang bekerja untuk smartphone, PC, dan Mac.

Berikut video Razer Chrome dan Philips Hue yang digunakan bersamaan: