Hyperloop Transportation Technology

Perkembangan moda transportasi darat memulai babak baru sejak CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk merilis konsep kendaraan mirip kereta yang berjalan di ruang hampa yang disebut Hyperloop.

Beberapa tahun terakhir mencuat sejumlah perusahaan Hyperloop yang mulai membangun basis fasilitasnya. Ada yang masih dalam tahap perencanaan, ada pula yang sudah membuat jalur, sebagian sukses dengan ujicoba skala kecil, namun belum ada yang membangun kapsul kendaraan sampai Hyperloop Transportation Technology (HTT) melakukannya sendiri.

Hyperloop Transportation Technology
HTT curi start dengan pembangunan kapsul Hyperloop skala penuh pertama di dunia

HTT diklaim sebagai perusahaan pertama yang membangun kapsul kendaraan dalam skala penuh. Sebelumnya kapsul sekala kecil (prototipe) sudah pernah dilombakan oleh SpaceX beberapa bulan lalu.

Dalam proyek ini HTT menggandeng perusahaan industri otomotif dan penerbangan Carbures. Proses pembangunan bertempat di Toulouse, Perancis.

Hyperloop Transportation Technology
Sisi dalam kapsul terlihat minimalis, kemungkinan tidak ada penumpang yang berdiri

Kapsul Hyperloop ini akan dibangun sepanjang 30 meter dan lebar 2.7 meter. Bobotnya mencapai 20 ton. Kapsul ini akan membawa 28-40 penumpang dengan kecepatan 1.223 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini Jakarta ke Surabaya dapat ditempuh hanya dalam 1 jam.

Pembuatan kapsul diharapkan selesai pada awal 2018 dan akan langsung ditempatkan di jalur komersial yang telah ditentukan. Namun untuk saat ini HTT masih belum menjelaskan dimana tepatnya fasilitas pertamanya dibuka.

Hyperloop Transportation Technology
Dikabarkan transportasi futuristik ini akan melaju di Indonesia dalam lima tahun kedepan

Diketahui Hyperloop Transportation Technology telah menandatangani kerjasama dengan Slovakia, Arab Saudi, Republik Ceko, dan Indonesia. HTT bekerja cepat agar bisa menyaingi rivalnya Hyperloop One yang telah membuat kapsul skala kecil tahun lalu.

Berikut video pengumuman dari HTT: