Ada banyak momen yang sayang untuk tidak diabadikan. Berkat hal tersebut, aksi pemotretan pun menjadi mainstream dan banyak digemari. Apalagi dengan hadirnya smartphone yang dibekali kamera berkualitas tinggi.

Pendekatan menarik justru diambil oleh salah satu perusahaan yang berbasis di Tokyo, Jepang. Produk kamera yang mereka rilis yakni Blincam punya kemampuan untuk memotret hanya dengan kedipan mata.

Perusahaan Asal Jepang Bikin Kamera yang Bisa Memotret dengan Kedipan Mata
Blincam dapat dipasang di kacamata

Blincam terpasang pada sisi kacamata dimana terdapat sensor yang dapat mendeteksi kedipan mata dan mengkonversikannya sebagai perintah untuk memotret.

Menurut si pengembang kamera ini, sensor gerakan mata mampu membedakan mana kedipan alami dan kedipan yang disengaja. Kedipan yang alami cenderung tidak sekuat kedipan ketika disengaja.

Perusahaan Asal Jepang Bikin Kamera yang Bisa Memotret dengan Kedipan Mata
Kamu bisa menangkap momen penting hanya dengan mengedipkan mata

Blincam ditanamkan Bluetooth agar bisa terkoneksi melalui smartphone. Tenaga kamera memanfaatkan baterai internal yang bisa diisi ulang. Lensa kamera menggunakan HD CMOS.

Bobot kamera ini diklaim hanya 25 gram atau sekitar kurang dari sepertiga berat action cam GoPro Hero 4.

Perusahaan Asal Jepang Bikin Kamera yang Bisa Memotret dengan Kedipan Mata
Variasi desain Blincam

Pihak Blincam yang tengah mengadakan crowdfunding di halaman Makuake menjual satu unit produknya seharga $189 atau sekitar Rp 2,4 jutaan. Jika Blincam benar-benar dirilis ke pasar, maka ia akan tampil ke konsumen pertama kali pada Agustus 2017.

Sebenarnya inovasi kamera dengan kontrol kedipan mata ini sudah terlebih dahulu diadopsi Google Glass. Namun tetap menarik melihat Blincam hadir dengan tawaran yang berbeda.

Sumber: Blincam