Saat ini mayoritas perusahaan antariksa berasal dari Amerika Serikat, semisal SpaceX, Virgin Galactic, hingga Blue Origin. Ditambah lagi popularitas NASA sebagai badan antariksa negara terbesar membuat nama AS kian melejit di bidang ini. Meski demikian, perlahan namun pasti, negara-negara besar lainnya mulai mengikuti jejak ini, salah satunya China.

Dikutip dari Engadget, perusahaan antariksa OneSpace Technologies baru saja meluncurkan roket OS-X pada 16 Mei dengan ketinggian ‘hanya’ 40 kilometer atau kurang dari separuh Karman Line, batas internasional antara atmosfer dengan ruang angkasa.

Peluncuran tersebut hanya bagian dari uji coba sejumlah misi lain yang akan dilakukan OneSpace sebelum mengorbitkan satelit. Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini punya rencana ambisius dengan mengirim satelit pada 2019 mendatang.

Sementara itu, rival di negara yang sama, yakni i-Space baru akan memulai penerbangan orbital pada 2021. Menariknya, i-Space sendiri sudah menguji roket mereka bulan lalu dan mampu mencapai ketinggian 108 km dimana sudah dapat dikategorikan sebagai wilayah ruang angkasa.

Di samping OneSpace dan i-Space, China punya nama lain yang tidak kalah ambisius – Link Space yang mana pada 2017 lalu memperkenalkan desain roket daur ulang yang agaknya, sangat mirip dengan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Perkembangan China di industri ruang angkasa tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Setelah beberapa kali gagal meluncurkan roket pada akhir abad 20 lalu, negara komunis ini menjadi satu dari tiga negara yang berhasil membawa manusia ke luar angkasa menggunakan roketnya sendiri, selain dari Amerika Serikat dan Uni Soviet (Rusia).

Menariknya, legalisasi perusahaan antariksa di China baru disahkan pada 2015. Ini artinya, nama-nama perusahaan tersebut masihlah sangat muda dibanding perusahaan antariksa asal AS yang kebanyakan sudah lebih dari 1 dekade.

Dengan keberhasilan pengujian roket milik i-Space dan OneSpace, China semakin merajai dunia antariksa, mengimbangi keganasan AS yang sudah berlangsung sejak lama.