Olahraga skydiving atau terjun payung dikenal sebagai salah satu olahraga ekstrim yang hanya bisa dilakukan oleh profesional.

Luke Aikins seorang penerjun berusia 42 tahun mencoba hal gila sepanjang sejarah. Ia berambisi untuk terjun dari ketinggian 25.000 kaki tanpa mengenakan parasut dan tiba di bumi dalam dengan selamat.

Pada 30 Juli di gurun California aksinya yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu akhirnya menjadi kenyataan.

terjun tanpa parasut
Dalam aksinya ia dibantu tiga asisten

Aikins harus menaiki pesawat hingga mencapai ketinggian 25.000 kaki atau 7,6 kilometer dari permukaan tanah. Selanjutnya ia terjun bersama beberapa asisten pembantu.

Ketika berada di 18.000 kaki, masker oksigen dilepaskan. Para asisten membantu Aikins untuk mengarahkan ke titik pendaratan yang telah dilengkapi jaring.

Namun ketika mendekati tanah, para asisten segera membuka parasut dan tinggal Aikins yang harus berjuang sendiri membidik agar jatuh di tempat yang sesuai. Meleset sedikit saja maka tubuhnya akan hancur menghantam tanah.

terjun tanpa parasut
Keberhasilan Luke Aikins disambut meriah oleh penonton

Aksi penerjunan yang berlangsung dua menit ini berbuah manis, ia jatuh di jaring yang telah disiapkan. Luke Aikins mencatatkan sejarah sebagai orang pertama di dunia yang terjun tanpa parasut dan masih hidup.

Sejak umur 12 tahun, Aikins sudah melakukan total skydiving 18.000 kali. Namun aksinya kali ini merupakan yang paling istimewa.

Berikut video penerjunan Luke Aikins:

Sumber: The New York Times