Munculnya printer 3D menciptakan atmosfer baru untuk mesin yang mampu memproduksi barang-barang seperti halnya sebuah pabrik rumahan.
Printer 3D juga memungkinkan untuk membantu desainer khususnya desainer 3 dimensi menghasilkan benda-benda yang telah dirancang terlebih dahulu di komputer.
Glowforge lebih dari sebuah printer 3D biasa. Alat ini telah dipersenjatai dengan laser yang sanggup memotong benda-benda keras seperti kain, kulit, kayu, bahkan kaca.
Membawa Teknologi Laser
Seperti sudah dijelaskan di atas, memotong kain, kayu, hingga kaca dapat dilakukan dengan mudah oleh laser. Inilah yang menjadi dasar utama yang menjadikan Glowforge istimewa.
Glowforge memiliki laser dengan penyinaran yang sangat kecil, hanya selebar rambut manusia sehingga dapat memotong bagian dengan halus dan mendetil.
Dapat memotong objek keras sekalipun seperti kaca.
Tak heran apabila printer ini dijuluki “printer 3D laser“. Menariknya, laser pada Glowforge tidak hanya untuk memotong, tetapi juga untuk mewarnai.
Dalam video yang dirilis pihak Glowforge menunjukan bahwa adanya fungsi untuk mewarnai permukaan benda.
Laser ini juga memberikan opsi untuk mewarnai.
Aplikasi lain, membuat motif pada Macbook.
Tidak perlu menjadi desainer handal untuk menggunakan Glowforge. Mesin akan memotong sesuai desain.
Cukup buat pola yang diinginkan, masukan bahan baku ke dalam Glowforge, tunggu hingga pemotongan selesai dan hasilnya akan sesuai dengan pola.
Mesin Produksi Mini
Ada beragam benda yang dapat dihasilkan oleh Glowforge. Proses desain bisa dilakukan sendiri, aktivitas pemotongan maupun membentuk objek menjadi nyata bisa dilakukan printer ini.
Jika kamu sudah bisa menciptakan beragam karya lewat Glowforge, selanjutnya karya tersebut dapat dijual. Contoh sederhananya seperti membuat dompet kulit bermotif, aksesoris, hiasan, dan sebagainya.
Tentu selain memberi banyak kemudahan, Glowforge menjanjikan keuntungan finansial. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut:
Ada sebuah fakta mencengangkan yang dimiliki Glowforge. Proyek ini berhasil mendapat dana crowdfunding terbesar dalam sejarah, yakni hampir $28 juta dalam 30 hari.
Pihaknya melakukan penggalangan dana secara personal di situs resminya, yakni dengan memberikan akses pre-order sebesar 50%.
Tak heran antusiasme datang begitu besar dan sukses membawa rekor baru dalam penggalangan dana. Saat ini pun pre-order masih dibuka namun diluar crowdfunding. Tentu saja kamu tetap mendapatkan diskon spesial dari Glowforge.
Saat artikel ini ditulis, masih ada diskon sebesar 40% untuk semua paket printer. Paket yang paling murah ialah Glowforge Basic dengan harga $2395 atau Rp 31 juta.
Ingin memiliki printer 3D keren ini?