Sudah berapa banyak drone yang mengimplementasikan sistem follow-me? Mungkin kamu tak bisa menyebutkannya satu per satu. Namun kita semua tahu definisi dari fungsi tersebut.

Tracking object menjadi salah satu fitur favorit. Sebab dari sanalah follow-me bisa dikembangkan. Hingga pada akhirnya pilot drone bisa mengambil gambar dari ketinggian, entah untuk fotografi atau selfie.

Ide menarik sekaligus unik datang dari Perspective Robotics, startup yang didirikan oleh Chris McCall tersebut baru saja mengenalkan produk terbarunya yakni sebuah drone untuk aerial.

Bukan sekedar drone, Fotokite turut memadukan salah satu fitur “eksklusif” dari permainan tradisional layangan. Ya, drone ini bisa kamu tarik ulur dengan benang.

fotokite
Kamu tidak akan canggung menggunakan Fotokite jika pernah bermain layangan

Secara garis besar, tidak ada yang terlalu mencolok dari Fotokite kecuali dari cara mengontrolnya. Sebuah remote kontrol terdapat benang yang menyambung langsung dengan drone.

Keberadaan benang ini memastikan drone tidak terbang terbawa angin atau lepas dari kontrol. Bersamaan dengan itu remot kontrol tetap memiliki fungsi dasar untuk kendali armada.

Mirip seperti berselfie dengan tongsis, tapi ini drone
Mirip seperti berselfie dengan tongsis, tapi ini drone

Versinya terbagi dua, yakni Phi dan Pro. Yang membedakan Fotokite Pro adalah pada sistem pengisian baterai via benang kabel. Lantas kamu bisa menerbangkan drone sambil melakukan pengisian.

Imbasnya Fotokite Pro mampu terbang lebih lama
Imbasnya Fotokite Pro mampu terbang lebih lama

Pro hanya ditujukan untuk kepentingan profesional terutama industri film. Namun kamu bisa memiliki Fotokite Phi mulai $249 atau Rp 3.3 juta.

Ingin menikmati penerbangan drone tanpa takut fly away, mungkin Fotokite bisa jadi solusi. Berikut video bagaimana Fotokite Phi beraksi.

Sumber: Fotokite