airbar, laptop layar sentuh, cara membuat layar sentuh
AirBar menjadikan semua layar biasa menjadi touch screen

Kebanyakan produk monitor laptop sengaja dirancang tanpa implementasi layar sentuh (touch screen). Alasannya sederhana, karena input perintah mengandalkan dari mouse dan keyboard.

Namun sebenarnya dengan dukungan layar sentuh dapat mendukung sejumlah aktivitas. Misalnya memainkan beberapa game, desain grafis, atau jika kamu menginginkan interaksi yang lebih fleksibel.

Sayangnya laptop kamu bukan touch screen. Apakah harus membeli PC tablet baru hanya karena mengincar dukungan layar sentuh?

airbar, laptop layar sentuh, cara membuat layar sentuh
Inilah AirBar, alternatif untuk layar sentuh

Berita baiknya perangkat plug & play bernama AirBar menjawab tantangan ini. Neonode yakni pihak dibalik hadirnya AirBar merancang aksesoris yang mampu mendeteksi sentuhan di layar monitor lalu ditransformasikan seolah layar tersebut benar-benar berteknologi touch screen.

AirBar berukuran cukup tipis, diletakan di sisi bawah layar. Penggunaan energi murni berasal dari USB yang terhubung ke laptop.

airbar, laptop layar sentuh, cara membuat layar sentuh
Sensor AlwaysOn dapat mendeteksi interaksi jari dengan layar

Sederhananya AirBar memproyeksikan cahaya tak tampak ke lapisan layar, memastikan fungsi seperti sentuhan dan slide dapat bekerja.

Tenang saja, terlepas nama brand ini sedikit mengena pada Macbook Air faktanya Neonode bukan bagian dari divisi Apple. Lantas pihaknya mengatakan AirBar dapat digunakan pada Windows, Chrome OS, dan Mac OS X.

airbar, laptop layar sentuh, cara membuat layar sentuh
Air Bar tersedia dalam beberapa ukuran layar

Produk yang mendapatkan award di CES 2016 ini dapat kamu miliki mulai Rp 600 ribuan. Terhitung rendah dibanding harus membeli tablet PC untuk sensasi layar sentuh.

Lantas, kamu ingin memilikinya?

Sumber: AirBar