Bisecu, gembok sepeda, gembok sepeda canggih, gembok sepeda otomatis,

Sistem penguncian tradisional untuk sepeda tampaknya telah bertahan cukup lama, bahkan terlalu lama untuk era yang serba inovatif ini. Kebanyakan produsen masih berfokus pada kekuatan gembok, tingkat keamanan, serta bentuk yang diusahakan semakin ringkas.

Tetapi sebuah tim yang berbasis di Korea mengenalkan metode baru yang memastikan sepeda tetap aman meski ditinggal pemiliknya. Dinamakan Bisecu, perangkat tersebut disematkan pada roda depan sepeda dan dapat mengunci otomatis ketika kamu meninggalkannya.

Bisecu, gembok sepeda, gembok sepeda canggih, gembok sepeda otomatis,
Menjauh dari sepeda dan gembok akan terkunci otomatis

Bisecu terhubung ke smartphone pengguna melalui Bluetooth LE 4.0. Saat (smartphone) kamu menjauhi sepeda, perangkat ini akan mengunci roda secara otomatis. Sedangkan ketika kamu kembali lagi, kunci akan terbuka

Perangkat gembok ini berbentuk silinder berbahan aluminium. Beratnya hanya 350 gram serta didukung lapisan water-resistant (weather-resistant juga). Bisecu terintegerasi dengan smartphone Android dan iOS untuk mengakses sejumlah fitur.

Bisecu, gembok sepeda, gembok sepeda canggih, gembok sepeda otomatis,
Beberapa fitur informatif dihadirkan lewat aplikasi

Fitur-fitur tersebut misalnya membuka atau mengunci sepeda secara manual, memantau kecepatan sepeda, dan perhitungan jarak tempuh.

Tidak hanya mengunci, Bisecu dibekali alarm dengan tingkat kebisingan 100 decibel atau setara dengan suara helikopter. Selain itu ketika terjadi usaha pencurian, kamu pun akan diberi notifikasi ke smartphone.

Bisecu, gembok sepeda, gembok sepeda canggih, gembok sepeda otomatis,
Bisecu sempat dipamerkan di Mobile World Congress di Barcelona

Terdapat port Micro-USB untuk mengisi baterai. Sekali terisi penuh, Bisecu dapat bertahan selama 6 bulan. Status baterai juga dapat dipantau melalui aplikasi smartphone.

Sebelumnya Bisecu telah dipamerkan di Mobile World Congress di Barcelona beberapa waktu lalu. Rencananya Bisecu akan membuka crowdfunding di Kickstarter pada pertengahan tahun ini serta menawarkan paket pre-order dengan harga yang tentu saja jauh lebih murah.