Mbappe World Cup 2018
Kecerdasan buatan sudah prediksi Perancis bakal angkat trofi Piala Dunia 2018 di Rusia (credit: Business Insider)

Perancis berhasil mengalahkan Kroasia di laga final Piala Dunia 2018 di Russia. Tim berjuluk Les Bleus mencetak 4 gol dan hanya kebobolan dua gol dari pihak lawan. Bahkan mereka sempat memimpin 4-1 sehingga membuat Kroasia bermain tanpa rasa nasionalisme. Di balik kemenangan Perancis, ada satu hal yang luput dari perbincangan sepakbola, yakni prediksi yang (sekali lagi) akurat.

Video game sepakbola FIFA 18 yang dibuat oleh Electronic Arts (EA) sukses menebak jawara Piala Dunia 2018 yang sudah diumumkan bahkan sebelum ajang dimulai. Dikutip dari Engadget, EA menyalakan simulasi dari 32 peserta dan menyimpulkan hasil akhir Perancis sebagai tim yang mengangkat trofi.

Sebelumnya EA juga kerap memprediksi kompetisi Super Bowl sebanyak 13 kali dengan 9 di antaranya terbukti benar. Perusahaan video game ini mengikutsertakan data dari gamer yang memainkan FIFA 18.

Pihaknya menyebut Perancis 248.000 kali menang, disusul oleh Brazil 226.000 kali, dan Jerman 105.000 kali. Selain itu, 3 dari 5 prediksi final melibatkan Perancis sebagai kontestan yang mutlak membawanya berpeluang besar menyabet gelar Piala Dunia untuk kedua kalinya setelah 1998.

Dengan akurasi prediksi kali ini, EA semakin memantapkan diri sebagai ‘peramal’ pemenang perhelatan olahraga besar seperti Piala Dunia. Lantas, jika kamu ingin menjagokan tim tertentu untuk ajang selanjutnya, mungkin perlu mempertimbangkan nama-nama yang dirilis oleh kecerdasan buatan.