Usai lama dirumorkan sebagai smartphone masa depan, Samsung akhirnya mengumumkan Galaxy Fold sebagai ponsel layar lipat yang juga bisa berfungsi sebagai tablet.

Perangkat ini dibekali layar Infinity Flex Display berukuran 7,3 inci saat dibentangkan dan layar tambahan 4,7 inci ketika ditutup. Konfigurasi ini memungkinkan pengguna menikmati konten untuk tablet dan smartphone dalam satu perangkat.

Di dapur pacu, smartphone raksasa ini mengusung penyimpanan flash 512GB 3.0 yang lebih cepat, prosesor Qualcomm 7nm octa-core, dan kapasitas RAM 12GB. Samsung juga menopang hardware tersebut dengan baterai jumbo 4.380mAh.

Tepuk tangan dan riuh penonton tidak terdengar saat Samsung mengumumkan harganya

Penonton Terdiam Saat Mendengar Harga Samsung Galaxy Fold

Meski berkali-kali mendapat sambutan berkat fitur keren yang tidak ada di smartphone manapun, tiba saatnya bagi Samsung membagikan bocoran harga Galaxy Fold. Penonton pun mulai berandai-andai bahwa harganya tidak akan melampaui iPhone XS.

Namun situasi justru lebih buruk. Galaxy Fold dibanderol seharga $1.980 atau Rp 28 juta per unitnya. Harga tersebut adalah untuk versi Amerika Serikat, sementara calon konsumen di Eropa harus merogoh lebih dalam, yakni €2.000 demi mendapat smartphone yang sanggup menjalankan tiga aplikasi sekaligus ini.

Mulai bisa dipesan Q2 tahun ini

Samsung telah mengumumkan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Fold di San Francisco 20 Februari lalu. Namun, smartphone tersebut baru akan dijual pada kuartal ke-2 tahun ini, tepatnya 26 April 2019 di Amerika Serikat.

Sedangkan perilisan selanjutnya dilakukan di Eropa pada 3 Mei mendatang. Sayangnya, Samsung belum menyebutkan rencana memboyongnya ke pasar Asia.

Samsung memprediksi akan banyak smartphone lipat di masa depan

Penonton Terdiam Saat Mendengar Harga Samsung Galaxy Fold

Permintaan layar yang besar namun bentuk perangkat yang kecil dapat ditemukan solusinya lewat desain lipat. Tentunya, Samsung tidak sendiri dalam pengembangan produk ini.

Setidaknya Xiaomi, Lenovo, Huawei, LG, bahkan Microsoft telah memiliki konsep smartphone layar lipat mereka sendiri. Jika tren ini berlanjut, kita akan melihat smartphone lipat yang lebih ciamik, lebih modern, dan kaya akan fitur di masa mendatang.