Massterly
Dengan ketiadaan awak kapal, tarif pengiriman barang akan lebih murah

Saat ini pengiriman barang antar benua secara umum memanfaatkan kapal kargo besar. Selain lebih murah, kuantitas yang bisa diantarkan juga jauh lebih banyak dibanding pesawat. Massterly, perusahaan gabungan Wilhelmsen dengan Kongsberg berencana membuat kapal kargo tanpa awak.

Menurut rilisnya, pengembangan kapal ini sendiri masih pada tahap yang sangat awal. Tetapi pihaknya yakin pada 2019 sudah bisa beroperasi dengan bantuan awak, dan pada 2020 berlayar tanpa kendali manusia.

Sementara pekerja di pusat komunikasi akan memantau pergerakan kapal dan mengambil tindakan khusus apabila diperlukan. Kapal ini juga sepenuhnya mengandalkan energi listrik sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan.

Kongsberg sendiri sudah memiliki pengalaman selama lebih dari 360 tahun soal pengiriman barang melalui laut. Dengan begitu Massterly akan mendapat pengembangan cukup dalam terkait seluk-beluk bidang tersebut.

Menariknya, perusahaan asal Norwegia ini sendiri akan bersaing dengan tetangganya yang masih satu negara. Yara Birkeland tahun lalu mengumumkan proyek kapal otonom elektrik yang siap berlayar pada 2020, namun pengujian pertama dilakukan tahun ini.

Jika kapal kargo otonom sudah beroperasi, biaya pengiriman barang akan lebih murah. Massterly saat ini masih dalam tahap legalisasi perusahaan, tetapi akan mulai beroperasi penuh pada Agustus mendatang.