Kualitas Internet di Indonesia
Data ini bisa membantu kamu temukan provider yang relevan dengan kebutuhan

Ada cukup banyak operator telekomunikasi di Indonesia yang menyajikan layanan internet bagi para penggunanya. Mungkin kamu bingung memilih provider mana yang tepat untuk kebutuhanmu, baik itu bermain game online, streaming video, atau download file berukuran besar.

Sebuah aplikasi penguji kualitas internet, nPerf mempublikasikan penelitian mereka yang dilakukan pada 6 bulan pertama tahun 2018.

Beberapa provider seperti Tri, BOLT!, Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata menjadi subjek dalam pengujian. Beberapa parameter yang dicari adalah success ratio, download bitrate, upload bitrate, dan latency.

Lalu, seperti apa hasilnya?

Telkomsel paling ramai pengguna

Kualitas Internet di Indonesia

Sejak 1 Januari 2018 hingga 30 Juni 2018, tercatat hampir 320.000 pengguna berkontribusi dalam pengujian ini. Sebagai operator legendaris, Telkomsel mencakup 37,79 persen pengguna, diikuti Indosat 16,86 persen, dan posisi terbawah ada BOLT! dengan capaian pengguna 9,56 persen.

Bicara success rate, Smartfren jadi juara

Kualitas Internet di Indonesia

Tingkat keberhasilan operator dalam memproses permintaan pengguna sangat penting untuk kenyamanan. Dalam hal ini, Smartfren berhasil meraih posisi wahid dengan 72,76 persen, dibayang-bayangi Tri pada 68,62 persen, dan di peringkat terakhir ada Telkomsel yang hanya 60,14 persen.

Ini masih wajar mengingat Telkomsel punya begitu banyak basis pengguna sehingga permintaan menjadi menumpuk.

Kalau kamu doyan download, Smartfren adalah yang tercepat

Kualitas Internet di Indonesia

Smartfren lagi-lagi menunjukkan keandalannya. Provider ini memperlihatkan peningkatan kecepatan download hingga 45 persen dibanding 2017 lalu. Pengguna bisa mendapatkan bandwidth rata-rata 13,94 Mb/s atau 5 kali lebih cepat dari Tri.

Sedangkan di urutan kedua, Telkomsel harus berbangga dengan perolehan 6,27 MB/s atau kurang dari separuh kecepatan download Smartfren.

Telkomsel dan Smartfren bersaing ketat soal kecepatan upload

Kualitas Internet di Indonesia

Mengupload video atau foto ke sosial media kadang menjadi kegiatan yang membosankan, sebab bandwidth internet cenderung pelan pada momen ini. Menurut pengujian nPerf, Telkomsel sejauh ini menjadi yang tertinggi dengan rata-rata 4,41 Mb/s, berbeda tipis dengan Smartfren di urutan kedua yang tertahan di 4,21 Mb/s.

Sementara di posisi buncit, BOLT! hanya mampu memberikan performa 1,08 Mb/s yang bahkan tidak sampai separuh dari si urutan kedua dari bawah, yakni Indosat Ooredoo.

Smartfren dan XL cukup responsif dalam hal latency

Kualitas Internet di Indonesia

Respon server atau latency mencatatkan Smartfren di urutan pertama yang secara rata-rata memerlukan hanya 68,98 ms lalu XL Axiata juga terhitung cepat dengan 85,53 ms. Selain itu Tri yang kebetulan di posisi ketiga juga memperlihatkan peningkatan dan berhasil menurunkan latency rata-rata 92,64 ms.

Meski kamu menggunakan paket internet super cepat sekalipun, apabila latency terlalu tinggi maka pengalaman ber-internet juga terganggu, terlebih lagi jika memainkan video game online.

Peringkat operator internet di Indonesia berdasarkan nPerf

Peringkat Operator di Indonesia

Perlu dicatat bahwa penelitian ini hanya mencerminkan kualitas internet untuk masing-masing provider dari Januari hingga Juni 2018. Ke depannya, performa juga bisa berubah dan peringkat satu tidak selalu mutlak.

Hasil penelitian kualitas internet di Indonesia bisa kamu baca di halaman ini.

Bagaimana pengalamanmu menggunakan salah satu provider internet di atas?

Artikel ini dipublikasikan atas seizin nPerf selaku pelaksana.